Logo
Dempo Xler

Pengamat Politik Unib, Mirza : Patriana Sosia Linda Calon Terkuat

Drs. Mirza Yasben

Drs. Mirza Yasben

Drs. Mirza Yasben

KOTA BENGKULU.bengkulunews.co.id – Pesta Demokrasi Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu akan berlangsung pada Juni 2018 mendatang. Meski masih 16 bulan lagi nama-nama kandidat yang berniat maju sudah mulai populer di kalangan masyarakat.

Pantauan bengkulunews.co.id, ada beberapa nama yang digadang-gadangkan berniat maju dalam pilwakot 2018 mendatang. Diantaranya, Helmi Hasan, Erna Sari Dewi, Patriana Sosia Linda, Emilia Puspita (Ita Jamil), dan Andi Roslinysah.

Kelima nama ini cukup populer dikalangan masyarakat kota Bengkulu bahkan salah satu dari mereka telah bersosialisasi dengan memasang baliho dipersimpangan-persimpangan dalam kota.

Dilihat dari kelima nama ini, pengamat politik Universitas Bengkulu, Drs. Mirza Yasben memprediksi Patriana Sosia Linda menjadi calon terkuat dalam Pilwakot mendatang. Menurut Mirza, performa dan intensifikasi Basis Linda cukup kuat.

“Yang sudah mengemuka sekarang itu ada tiga nama, Helmi, Erna dengan Linda. Posisi Linda pada pilwakot mendatang bisa jadi lebih unggul dari bakal calon lain,” kata Mirza, Sabtu (18/2/2017)

Namun, lanjut mirza, kedua faktor itu belum bisa menjadi jaminan. Sebab dapat berubah, tergantung dari para kandidat memainkan manuver politiknya.

“Kita tidak tahu trik-trik dari lawan politiknya kedepan,” lanjutnya.

Mirza mengatakan, faktor materi masih mendominasi. Itu dilihat dari kondisi masyarakat pemilih di kota Bengkulu saat ini.

“Masyarakat menengah kebawah jumlahnya paling banyak, berbeda dengan menengah keatas yang memilih secara rasional, pemilih biasa tidak berfikir tentang bagaimana nasib kedepan, mereka hanya berfikir bagaimana satu atau dua hari kebutuhan ekonomi mereka tercukupi,” kata pria berkacamata ini.