Logo

Penerima Raskin di Seluma Tembus 14.878 RTS


SELUMA, bengkulunews.co.id – Jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) penerima Beras Misin (Raskin) di Kabupaten Seluma, tahun ini sebanyak 16.366 RTS. Padahal, pada 2016 lalu hanya 14.878 RTS atau meningkat sebanyak 1.488 RTS.

”Jumlah tersebut berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melalui Dinas Sosial Kabupaten Seluma,” kata Kasubag Pemberdayaan Masyarakat, Bagian Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Seluma, Fitri Yuliana, Selasa (9/5/2017).

Dengan kondisi tersebut, kata dia, secara tidak langsung tingkat kemiskinan di Kabupaten Seluma, mengalami kenaikan. Dimana RTS yang berhak menerima raskin adalah masyarakat miskin.

Setiap RTS, jelas Fitri, bakal mendapatkan jatah 15 kilogram (kg) Raskin per bulan. Namun, terang dia, untuk nominal besaran harga kirim dari pusat kecamatan ke titik pembagian raskin sedang dirumuskan.

”Ini karena masing-masing kecamatan tupografi daerahnya berbeda-beda,” sampai Fitri.

Ia menyebut, total alokasi Raskin pada 2017 ini sebanyak 2.945.880 kg. Penyaluran ini diperkirakan akan selesai sebelum memasuki bulan puasa.

”Bila dikemudian hari ditemukan penerima raskin tersebut tidak lagi layak menerima, maka boleh dilakukan pergantian. Asalkan melalui rapat ditingkat kecamatan dan harus dibuktikan dengan hasil kesepatakan, berita acara dan absen peserta rapat,” tutup Fitri.