Logo

Penataan Pasar Minggu Gunakan DAK

 Yuliansyah, SE.MM

Yuliansyah, SE.MM

Yuliansyah, SE.MM

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Buruknya kondisi bangunan Pasar Minggu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Perindustrian Kota, bergerak cepat untuk melakukan penataan dan perbaikan pasar yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan.

Dari hasil pantauan media di lapangan, kondisi Pasar Minggu saat ini memang sangat semraut, baik itu penataan pedagang maupun penataan jalan serta kondisi gedung pasar dua tingkat itu sendiri.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Disperindag Kota Bengkulu, Yuliansyah, SE.MM, mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauaan Pasar Minggu tersebut.

“Kita sangat perihatin dengan kondisi Pasar Minggu kita saat ini, maka dari itu kita dari Dispirindag segera bertindak cepat untuk melakukan penaganannya tahun ini,” ungkap Yulian kepada bengkulunews.co.id, Senin (13/2/2017) siang.

Menurutnya, penataan yang akan dilakukan terutama perehaban gedung lama serta penataaan para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berada di sekitar Mega Mall, tepatnya di pinggir jalan umum tersebut.

“Seperti kita ketahui, untuk PKL tersebut sudah menjajakan dagangannya melewati batas yang sudah ditentuhkan oleh pemerintah. Hingga mengakibatkan jalan umum yang berada dalam pasar itu mengalami penyempitan hingga terjadinya kemacetan bagi pengendara yang melintas. Selain itu bangunan gedung lama sudah banyak mengalami kerusakan dan itu yang akan kita lakukan pembenahan,” terang Yulian.

Mengenai anggaran, saat ini sudah Disperindag persiapkan dari Dana DAK tahun 2017.

“Anggaran sudah kita persiapakan Rp1,9 miliar. Yang digunakan untuk perehaban gedung lama dan biaya penataan jalan, untuk pelaksanaannya akan kita lakukan 2017 ini,” tegas Yulian.

Untuk Disperindag sendiri, saat ini lagi memikirkan inspirasi untuk melakukan pengembangan terhadap bangunan dan usaha yang tepat, agar dapat memberi warna dan daya tarik tersendiri dari Pasar Minggu tersebut.

Agar nanti pedagang tidak kembali meninggalkan gedung yang sudah direhab dan dipersiapkan nantinya.

Baca Juga : Penataan Pasar Panorama Diusulkan Rp30 Miliar