Logo
Dempo Xler

Minimalisir Penyelewengan Anggaran, Ini yang Dilakukan Kabupaten Seluma

Handarsyah

Handarsyah

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Pemkab Seluma, H. Hendarsyah, S.IP, MT

SELUMA, bengkulunews.co.id – Guna meminimalisir tingkat penyelewengan anggaran pembangunan, Pemerintah Kabupaten Seluma menerapkan sistem elektronik dalam proses pembangunan.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Pemkab Seluma, H. Hendarsyah, S.IP, MT, sistem yang digunakan tersebut berupa data base elektronik yang terkoneksi dengan internet. Sehingga semua kalangan dapat mengaksesnya.

“Seperti di Bappeda, setiap tahapan pembangunan menggunakan Elektronik Musrenbang/Planning,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Setiap usulan pembangunan, mulai dari desa langsung dimasukan pada server tersebut. Begitu juga di tingkat kecamatan dan kabupaten. Sehingga tidak akan ada lagi usulan kegiatan yang tiba-tiba muncul.

“Sistem lainya adalah E-Goverment dengan leading sector di Dinas Kominfo, E-Simpadu di BPPT dan Finger Print di BKD. Direncanakan semua server berada di Kominfo. Sedangkan, untuk ruangan khusus tengah disiapkan dan suhunya akan diatur,” ujarnya.

Disampaikannya juga, tenaga operator telah disiapkan sebanyak dua orang. masing-masing memiliki keahlian dan tetap menjaga integritas agar sistem tidak bisa dijebol apalagi merubah data.

“Kami tengah menyiapkan jaringan ke OPD terkait, dengan kecepatan 100 mbps dan akan diatur distribusi kecepatannya tiap OPD tergantung kebutuhan,” terang Hendarsyah.

Lalu, ia juga menambahkan, jika jaringan sudah terpasang, Pemkab Seluma juga akan membangun program kota pintar.

“Pada tiap-tiap tempat strategis seperti taman kota dan bundaran, akan kami sediakan wifi gratis, agar bisa dinikmati masyarakat umum,” tutupnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah bekerjasama dengan KPK. Dijadwalkan, KPK akan monitoring ke Kabupaten Seluma pada 28 Februari 2017 mendatang.