Logo
Dempo Xler

Lima Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo

Cara Menghilangkan Komedo

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dan minyak menumpuk sehingga menyumbat pori-pori kulit.

Adanya komedo pada wajah membuat kita menjadi kurang percaya diri. Wajah tidak terlihat mulus dan halus, serta berminyak.

Penyebab komedo biasanya karena pola makan yang tidak sehat, wajah tidak terawat, perubahan hormon dan beberapa hal lain.

Biasanya kita menghilangkannya menggunakan tangan, padahal kegiatan tersebut dapat membuat wajah terluka dan menjadi iritasi.

Berikut cara menghilangkan komedo secara alami :

1. Putih Telur

Putih telur dapat membantu mengencangkan kulit  dan dapat menghilangkan komedo. Cara mengaplikasikannya adalah gunakan 3 butir telur dengan 2 sendok makan air lemon.

Kemudian oleskan masker untuk membersihkan kulit dari komedo dengan kuas atau jari anda, pastikan bersih dan lembut dalam mengaplikasikannya.

Setelah itu diamkan masker hingga mengering, kemudian aplikasikan hingga dua kali. Setelah 20 menit bilas masker dengan air hangat.

2. Gula

Gula merupakan exfiliatoror terbaik secara alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Sehingga bermanfaat menghilangkan komedo, caranya dengan mencampurkan 1 cangkir gula putih dengan 3 sendok makan minyak ramah kulit seperti zaitun, minyak almond maupun minyak jojoba.

Kemudian oleskan pada wajah, tunggu hingga kering. Jika sudah kering bilas masker dengan air hangat, anda juga dapat gunakan masker atau scrub untuk hasil maksimal.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibiotik yang dapat menangkal gangguan kulit. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu mengencangkan kulit, mengontrol produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori. Sehingga menjauhkan jerawat dan komedo, anda juga bisa mengoleskan langsung gel lidah buaya pada area wajah berkomedo. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas wajah dengan air hangat.

4. Madu

Selain untuk kesehatan tubuh, madu juga dapat digunakan dalam membantu menjaga agar kulit tetap lembab, sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori oleh sel-sel kulit mati.

Tidak hanya itu madu juga dapat membantu menghilangkan komedo, caranya dengan langsung mengaplikasikan ke wajah. Tunggu hingga 20 menit, setelah itu bilas masker madu dengan air jika sudah selesai. Lakukan hingga 3 sampai 4 kali seminggu.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa digunakan sebagai pembersih wajah ringan, untuk menghilangkan polutan dan bahan seperti makeup yang dapat menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan komedo. Juga dapat menghilangkan komedo, caranya minyak kelapa dioleskan langsung ke area wajah yang berkomedo

Tunggu beberapa saat hingga minyak kelapa meresap ke dalam kulit. Anda bisa melakukannya dua kali sehari, hingga komedo berkurang.

Tidak hanya menghilangkan komedo secara alami, saat ini banyak berbagai perawatan wajah yang dapat membantu mengatasi komedo.