Logo
Dempo Xler

Tips Merawat Kuku yang Patah dan Bengkak

Tips Merawat Kuku

Tips Merawat Kuku

Kuku patah biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti penggunaan kuku palus yang berlebih, kurangnya nutrisi atau tangan yang terjepit sesuatu.

Ketika kuku patah dapat menyebabkan beberapa cedera, seperti luka, rasa nyeri dan pembengkakan jari.

Perawatan kuku patah juga tidak boleh sembarang. Oleh karena itu kali ini Bengkulunews.co.id akan memberikan tips merawat kuku yang patah.

Hentikan terlebih dahulu pendarahan pada kuku

Kuku yang patah pastilah akan mengeluarkan darah segar, karena adanya luka. Untuk itu alangkah baiknya menghentikan pendarahan kuku terlebih dahulu. Lakukan dengan menekan bagian tersebut dengan kain bersih selama 10 menit.

Bersihkan luka pada kuku

Setelah pendarahan berhasil dihentikan, bersihkan luka yang ada dengan cara mencuci tangan dengan air mengalir. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa pada jari.

Mengoleskan salep antibiotik

Selanjutnya oleskan salep antibiotik yang dapat kamu temukan di apotik. Seperti Neosporin, Polysporin, atau lain sebagainya. Penggunaan salep harus kering setelah dibersihkan, barulah dioleskan pada luka.

Jika sudah melakukan 3 langkah berikut pastikan kuku anda untuk terhindar dari benturan kecil. Bila kuku terasa nyeri anda dapat mengkonsumsi obat paracetamol, untuk mengurangi rasa sakitnya. Pastikan juga menjaga kuku lain agar tetap sehat dan rapi, untuk menghindari kejadian yang sama.