Logo

Lagi, Ada Balita Gizi Buruk di Rejang Lebong

REJANG LEBONG – Tampaknya Rejang Lebong belum benar lepas dari Gizi Buruk. Saat ini kembali ditemukan seorang balita yang menderita gizi buruk di Trans Tanjung Gelang, Kecamatan Kota Padang. Zera, nama balita diduga menderita gizi buruk yang saat ini masih berusia setahun.

Ibu Zera, Nena menjelaskan bahwa berat badan Zera hanya berbobot empat kilo, tidak sebanding dengan perkembangan usianya. Kondisi buah hatinya saat ini sangat memperihatinkan dengan keadaan lemas dan sesekali menangis lemah. Ia tidak bisa bercerita banyak mengapa anaknya bisa terkena gizi buruk dan lebih banyak diam saat ditanya wartawan.

“Dari petugas medis di puskesmas sana mengatakan bahwa anak saya menderita gizi buruk,” jelas Nena, Kamis (5/7/2018).

Sementara itu, salah satu warga yang membantu Nena dan anaknya saat di RSUD Curup, Susilawati menuturkan bahwa suami dari Nena saat ini sedang menjalani hukuman di Lapas Klas II A Curup lantaran terlibat kasus asusila. Saat ini Suaminya itu sedang menjalani hukuman di Lapas Curup selama 20 tahun, dan baru berjalan setahun.

“Saya kasihan, ibu Nena tidak ada sanak keluarganya yang datang ke rumah sakit jadi cuma sendirian saja,” ujar Susi.

Susilawati menambahkan jika Nena memiliki tiga orang anak yang kesemuanya perempuan termasuk Sera. Selama ini anak yang menderita gizik buruk itu tidak pernah di bawa berobat ke puskesmas atau mengikuti Posyandu, dan baru ini di bawa ke RSUD Curup setelah ada petugas Puskesmas yang mendatangi pondok tempat tinggalnya.

Diketahui bahwa setiap harinya Nena hanya tinggal di pondok dalam kebun yang jaraknya tiga jam perjalanan ke perkampungan, sehingga keberadaanya luput dari pantauan masyarakat dan petugas kesehatan.

Keluarga tersebut juga tidak memiliki status kependudukan, seperti KK dan KTP. Tetapi sedang diurus oleh pegawai Puskesmas Kota Padang agar mendapat layanan BPJS.<br>