Logo

Kurang Personel, Auditor APIP Lebong Tidak Maksimal

LEBONG – Minimnya tenaga Pegawai Negri Sipil (PNS) di kabupaten Lebong, saat ini dampaknya cukup dirasakan oleh Aparat Pengawas Internal Pemerintahan (APIP). Pasalnya, jumlah tenaga auditor yang bertugas mengawasi kinerja pemerintahan saat ini jauh dari kata ideal.

Kepala APIP Lebong, Tina Herlina menyampaikan, jumlah ideal tenaga auditor sesuai analisa beban kerja yang pernah dilakukan sebanyak 40 orang, saat ini hanya ada 4 orang auditor.

Akibat minimnya jumlah tenaga auditor, pengawasan APIP menjadi kurang baik karna hanya dapat melakukan pengawasan secara sampling terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Desa dan Sekolah tidak secara menyeluruh.

Sedangkan sesuai peraturan yang berlaku saat ini, tambah Tina, selain harus melakukan pemeriksaan secara reguler, APIP juga diharuskan bekerja sama dengan Aparat Penegak Hukum (APH)

“Jumlah auditor yang harus melakukan pengawasan kinerja pemerintah saat ini masih kurang,” ujarnya (25/7/2018)

Untuk menambah tenaga auditor, lanjut Tina, selain dapat mengusulkan jumlah fomasi CPNS di BKPSDM, dapat juga memberangkatkan PNS untuk ikut diklat pembentukan auditor yang ada di lingkungan inspektorat.

“Kita usulkan formasi CPNS untuk calon auditor melalui BKPSDM. Cuma 4 orang karena yang lain sudah banyak jadi pejabat di OPD lain dan ada juga yang pindah. Dulu pernah mencapai 13 orang,” demikian Tina.