Logo

Kunker di Kepahiang, Gubernur Ngopi Bareng Warga

KEPAHIANG – Dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kepahiang, Gubernur Provinsi Bengkulu, Rohidin Mersyah mengawali kegiatan ngopi bareng warga di Desa Siderojo, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang, Jumat (29/3).

Dalam kegiatan itu Rohidin didampingi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepahiang, pejabat di lingkup pemerintahan Provinsi Bengkulu dan Kepahiang, serta beberapa Kepala OPD, anggota Dewan Kepahiang, dan Direktur Bank Bengkulu.

Dalam sambutannya, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, berkebun kopi merupakan usaha turun temurun yang sudah lama diusahakan masyarakat. Jadi, kata dia sudah sangat pantas usaha ini ditingkatkan.

“Bagaimana usaha kebun rakyat di kawasan produksi terbatas, agar statusnya bisa kita ubah menjadi hutan sosial sehingga masyararat bisa leluasa mengelola kebunnya,” ujar Rohidin.

Gubernur ngopi bareng warga

Lebih lanjut ia menjelaskan, pengelolaan pasar panen dan pemasaran masyarakat juga harus dampingi. Terlebih beberapa saat lalu petani kopi sudah berhasil membuat sertifikasi merek. Jadi kedepan pemerintah Provinsi akan menjalain kerjasama dengan Gubernur Jakarta.

Sementara itu perwakilan dari petani kopi di wilayah Kecamatan Kabawetan Mukson mengatakan, petani kopi saat ini telah mengembangkan kopi robusta dan sekarang kopi sambung. Kini, kata dia petani kopi sudah bisa menghasilkan kopi sambung perkilo perbatang.

“Sekarang ini Alhamdulillah, kelompok tani telah mengembangkan kopi robusta dan sekarang sudah dikembangkan kopi sambung. Dulu hasilnya setengah kilo, tapi sekarang bisa menghasilkan satu kilo perbatang,” paparnya.

Selain ngopi bareng, Gubernur juga melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya petik kopi merah, meninjau tempat pengolahan kopi, meninjau unit penghasil kopi bubuk, dan memberikan bantuan alsintan sekaligus menyaksikan demo barista petani kopi.