Logo
Dempo Xler

KPU Bengkulu Bikin Rumah Pintar

KPU Bengkulu Bikin Rumah Pintar


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya untuk melakukan pembenahan, khususnya yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat dalam mengikuti proses pemilihan umum. Salah satunya dengan pembentukan Rumah Pintar Pemilu di setiap daerah Provinsi dan Kabupaten di Indonesia.

Dengan adanya Rumah Pintar ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai pemilihan umum dengan mudah. Di provinsi Bengkulu, Rumah Pintar Ini baru terbentuk di tiga daerah kabupaten dan satu Provinsi.

“Tujuannya, agar Pemilu makin cepat penyebarannya ke masyarakat, sehingga masyarakat nanti semakin peduli sama Pemilu,” kata Arif Budiman, Anggota KPU RI usai peresmian Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU Provinsi, jalan Kapuas Kelurahan Lingkar Barat kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, sabtu (8/4/2017) pagi.

Arif menambahkan, Rumah Pintar ini diharapkan dapat memancing Partisipasi masyarakat di dalam Pemilu, sehingga masyarakat tidak hanya mengikuti pemilu pada saat hari pencoblosan semata.

“Jadi partisipasi mereka nanti dalam proses pemilu bukan hanya sekedar pemungutan suara, bukan hanya sekedar pencoblosan suara, tapi mereka tau betul apa dan bagaimana pentingnya memilih kepala daerah yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, untuk mengenalkan Rumah Pintar ini, dirinya menekankan adanya peran aktiv dari KPU setempat. Targetnya ialah kelompok-kelompok seperti relawan demokrasi yang terdiri dari para pelajar atau masyarakat kecil serta kantor-kantor pemerintah. KPU juga dihimbau untuk membuka diri dalam kegiatan-kegiatan sosialisasi tanpa dipungut bayaran.

“Misalnya ada dinas atau badan pemerintah yang mau ngadakan sosialisasi pemilu dan KPU nya silahkan di undang, tidak perlu bayar,” ucapnya.