Logo

Jembatan Putus, Pemda BU Akan Bangun Jembatan Beton

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) BU, Made Astawa

bengkulunews.co.id – Terkait jembatan gantung penghubung Desa Lekat Ilir, Kecamatan Hulu Palik, Bengkulu Utara yang ambruk tertimpa pohon, Pemeritah Daerah Bengkulu Utara (BU) menganggarkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu 2017 ini untuk membangun kembali jembatan beton.

Dinilai Pemerintah putusnya jembatan murni bencana alam. Disebabkan tertimpa pohon Damar beberapa waktu lalu. Anggaran yang disiapkan mencapai miliaran rupiah.

Bupati BU, Ir. Mian melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) BU, Made Astawa, mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat bersama Bupati dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bengkulu dan unsur SKPD yang ada kaitannya dengan pembangunan.

“Untuk sementara pihak kami dari BPBD melaui Team Reaksi Cepat Daerah (TRCD), akan membuat jembatan darurat. Mengingat warga setempat bergantung pada jalan ini sebagai akses mereka mengambil segala macam kebutuhan sehari-hari dan lalu lalangnya anak sekolah,” kata Made.

Lanjutnya, pembuatan jembatan darurat tersebut masih menunggu intruksi dari Bupati, tidak menutup kemungkinan sekitar tanggal 10 Januari 2017 ini.

Selain itu, Made juga menyampaikan, jembatan sementara nantinya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua (sepeda motor). Karena jembatan tersebut sangat panjang yakni 60 meter lebih. “Bahan yang digunakan juga dari batang kelapa, karena anggaran yang ada saat ini tergolong minim,” tutup Made.(jbeu)