Logo
Dempo Xler

Jalan Berlubang dan Rawan Longsor di Bukit Barisan Ancam Pengendara

Longsor yang terjadi di Kawasan Bukit Barisan Kecamatan Taba Penanjung

Longsor yang terjadi di Kawasan Bukit Barisan Kecamatan Taba Penanjung

Longsor yang terjadi di Kawasan Bukit Barisan Kecamatan Taba Penanjung

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Kondisi jalan berlubang dan rawan longsor di kawasan Bukit Barisan Kecamatan Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah membuat pengendara takut melintasi daerah ini, terlebih ketika musim hujan tiba.

“Setiap saya melintasi jalur ini, saya selalu takut longsor seketika datang dan menutupi jalan,” kata salah seorang pengendara asal Kepahiang, Buyung, Sabtu (25/2/2017).

Dia mengatakan saat musim hujan struktur tanah yang gembur dan pohon besar di atas tebing terasa mengancam pengendara saat melintasi jalur ini.

“Apalagi saat musim hujan, banyak pengendara yang tergelincir,” katanya.

Ia berharap pemerintah segera membangunkan pelapis tebing dan drainase tepat di bawah tebing- tebing itu.

“Dengan adanya siring, tanah dari tebing tak akan berserakan ke tengah jalan dan membuat permukaan jalan menjadi licin. Seperti yang sudah dibangun di jalan nasional Kabupaten Kepahiang,’’ tandasnya.

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah membenarkan kawasan jalan di Bukit Barisan salah satu titik rawan bencana longsor.

Namun, Kepala BPBD Bengkulu Tengah, Tomi Marisi mengaku tidak dapat berbuat banyak lantaran jalan tersebut tanggung jawab pemerintah pusat.

“Meski begitu, kami akan tetap berupaya untuk berkoordinasi ke pemerintah pusat agar jalan nasional di Kabupaten Benteng lebih diperhatikan,” tandasnya.