Logo

Ini Kata Gubernur Bengkulu di Hari Lahir Pancasila

Bengkulu – Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan pesan moril yang sangat penting dalam peringatan hari lahir Pancasila adalah mengamalkannya setiap hari dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pancasila sebagai Ideologi Negara dan dasar Negara memiliki nilai–nilai leluhur bangsa yang sangat tinggi. Karena itu, Pancasila bukan hanya sekedar untuk dibaca. Bahkan bukan hanya memperingatinya dengan upacara pada setiap tanggal 1 Juni. Namun lebih mengingatkan agar bangsa Indonesia mengamalkan dan menjaga Pancasila dalam kehidupan sehari-hari .

“Pancasila sebagai Ideologi Negara, maka harus diamalkan dalam setiap pola-pola kehidupan,” kata Gubernur Bengkulu saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019, yang digelar di halaman kantor Gubernur Bengkulu pada Sabtu (1/6/2019).

Gubernur menambahkan hari lahir Pancasila merupakan refleksi dari sejarah para pendiri bangsa yang berhasil menggali nilai–nilai fundamentalis bangsa sebagai dasar negara Indonesia. Melalui Pancasila, Indonesia negara majemuk dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sebab itu, keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun taman sari kebudayaan yang memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat.

“Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah kita semua. Untuk itu diperlukan kesadaran dan pemahaman untuk saling menghormati, saling berkerjasama, bergotong royong dalam menyelesaikan permasalahan yang ada,” kata Gubernur.

Pancasila sendiri perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Konsisten bahwa Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi serta pandangan dunia yang membawa kemajuan bagi sekuruh bangsa Indonesia.

“Kita harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila!” tutup Gubernur.

Adapun tema dalam peringatan hari Pancasila kali ini yaitu “Kita Pancasila Kita Indonesia”.

Penulis : Imam Yusup