Hari Ibu ke-94 di Bengkulu, Menteri PPPA Minta Pemda Responsif Gender

Hari Ibu ke-94 di Bengkulu, Menteri PPPA Minta Pemda Responsif Gender

Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 Tahun 2022 di Provinsi Bengkulu, Kamis (22/12/2022)..

BENGKULU – Menteri PPPA RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati meminta keseriusan pemerintah daerah seluruh Indonesia untuk membuat kebijakan-kebijakan yang lebih responsif gender dan peduli anak.

Bintang Puspayoga mengatkaan, perempuan mengisi setengah dari populasi Indonesia dan anak mengisi sepertiga Indonesia. Hal ini menjadi penting bagi semua pimpinan daerah khususnya berkaitan dengan perempuan dan anak.

“Terutama pemerintah daerah provinsi, kabupaten kota sampai di akar rumput, desa, kelurahan untuk responsif gender melalui kebijakan, program kegiatan yang responsif gender dan peduli anak, karena perempuan dan anak adalah kekuatan,” kata Menteri PPPA pada Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 Tahun 2022 di Provinsi Bengkulu, Kamis (22/12/2022)..

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah didampingi Ketua TP PKK Provinsi Bengkulu Derta Wahyulin Rohidin mengungkapkan, kehadiran semua istri Gubernur dan Wakil Gubernur dari seluruh Indonesia di Bengkulu sudah menegaskan bahwa peran perempuan itu cukup kuat.

“Peringatan hari ibu tahun ini, kita betul-betul mengangkat citra perempuan hebat Indonesia asal Bengkulu, ibu negara pertama Indonesia, ibu Fatmawati Soekarno, yang memiliki pemikiran yang visioner, semangat juang dengan keteguhan pendirian, yang sangat menginspirasi semua orang, juga romantika cintanya bersama bung Karno dan itu berasal dari Bengkulu,” ungkap Gubernur Rohidin.

Pada momen Peringatan Hari Ibu (PHI) 2022 ini juga sangat spesial karena Menteri PPPA RI 3 Generasi turut hadir yaitu Linda Amalia Sari Gumelar (2009-2014), Yohana Yembise (2014-2019), dan I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga (2019-sekarang).

Serta penampilan cicit Presiden Soekarno dan Ibu Fatmawati Soekarno, Syandria Kameron yang merupakan putri dari pasangan Puti Guntur Soekarno dan Joy Kameron. Mewarisi bakat seni yang ada pada diri Soekarno, Syandria terkenal aktif dalam bidang seni tradisional.

Sebelumnya para istri Gubernur dan Wakil Gubernur se Indonesia telah menjahit bendera merah putih serentak di Balai Raya Semarak Bengkulu pada Rabu 21/12/2022. Kegiatan ini merupakan salah satu napak tilas perjuangan Ibu Agung Fatmawati Soekarno di Bumi Rafflesia.

Baca Juga
Tinggalkan komen