Logo

Gerak Jalan Sehat KPU, Gerakan Sadar Pemilu

Ketua KPUD Kota Bengkulu, Darlinsyah (dua dari kiri) melepas gerak jalan sehat KPU sadar pemilu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kota Bengkulu menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Bengkulu, yang menggelar pemilihan kepala daerah pada 2018 mendatang. Berbagai tahapan telah dilakukan, termasuk upaya sosialisasi kepada masyarakat agar lebih tahu proses ataupun mekanisme pemilu. Seperti yang terlihat dalam gerakan serentak sadar pemilu yang digelar di lapangan view tower, Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, pada Minggu (29/10/2017) pagi.

Dalam gerakan serentak se-Indonesia ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bengkulu, menggelar jalan sehat sepanjang 4 Kilomoter yang diikuti ratusan peserta dari berbagai element masyarakat. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan penyadaran kepada masyarakat agar turut berpartisipasi dalam proses pilkada.

Ketua KPUD Kota Bengkulu, Darlinsyah

“Gerakan sadar pemilu, melalui gerak jalan sehat. Gerakan ini adalah penyadaran kepada masyarakat terhadap proses, mekanisme dan tujuan pemilihan kepala daerah,” ucap Ketua KPUD Kota Bengkulu, Darlinsyah.

Selain itu, gerak jalan sehat ini juga dinilai selaras dengan usaha mencerdaskan masyarat untuk lebih memahami politik. Sebab menurut Darlinsyah, masayarkat yang sehat dapat memiliki kesadaran yang kuat dalam memilih dan memahami pilkada.

“Dalam tubuh yang sehat, kita dapat berpikir, dapat menghayati dan menyadari proses mekanisme pilkada dalam politik demokrasi,” ujarnya.

Jalan sehat KPUD Kota Bengkulu ini dimulai pada pukul 06.00 pagi dan dibuka langsung oleh Ketua KPUD Kota Bengkulu, Darlinsyah. Peserta jalan sehat diwajibkan menempuh rute memutar dengan melewati jalan Prof. Dr Hazairin, menuju ke jalan Ahmad Yani, untuk kembali lagi ke titik awal di Lapangan Merdeka.