Logo

Gempa 4,8 SR Guncang Bengkulu

Foto ilustrasi

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Gempa tektonik berkekuatan 4,8 SR, menguncang Provinsi Bengkulu, Selasa (14/6/2017), sekira pukul 05.27 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi dengan episenter pada koordinat 4,61 Lintang Selatan (LS) dan 102.26 Bujur Timur (BT), tepatnya berjarak 80 kilometer (KM) arah Barat Daya Tais, Kabupaten Seluma, pada kedalaman 42 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman mengatakan, berdasarkan hasil peta shakemap BMKG dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan dirasakan di Curup Kabupaten Rejang Lebong, II-III MMI (II SIG BMKG) dan di Kabupaten Kepahiang, I-II MMI (I SIG BMKG).

Hasil ini, kata dia, sesuai dengan kondisi di lapangan dengan adanya laporan masyarakat bahwa gempabumi dirasakan di wilayah Kota Bengkulu, Kepahiang, serta Argamakmur, Kabupaten Bengkulu Utara.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, jelas Litman, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal, akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia, yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.

”Hingga saat ini belum ada aktivitas gempabumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” sampai Litman.

”Khusus masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera diimbau, agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Litman.

Hingga berita ini dionlinekan belum ada laporan dari pihak terkait, dampak kerusakan bangunan maupun korban.