Logo

Gelar Sosialisasi, KPU Kota Bengkulu Undang Kelompok Marjinal

KOTA BENGKULU – Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menyasar masyarakat kaum marjinal atau masyarakat terpinggirkan untuk bersosialisasi dan berdiskusi secara bersama-sama terkait pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bengkulu.

Kelompok marjinal yang diundang yakni, nelayan miskin, buruh cuci, pemulung, tukang sapu, dan lain-lain. KPU sadar bahwa GOLPUT dikalangan kelompok marjinal masih cukup tinggi, oleh sebab itu sosialisasi kepada mereka harus diberikan.

“Kita Memberikan sosialisasi dan pendekatan masyarakat, terkhusus kepada kelompok marjinal untuk memberitahukan kepada mereka bahwa sebentar lagi kita akan melakukan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota, oleh sebab itu tujuan sosialisasi ini agar kelompok marjinal yang terbatasi oleh informasi bisa tahu dan ikut serta menggunakan hak pilih mereka,” ujar Sri Hartati Divisi Sosialisasi KPU Kota Bengkulu di salah satu hotel, Minggu (15/4/2018).

Bukan tanpa alasan, sosialisasi kepada kelompok marjinal ini digelar dengan alasan minimnya informasi yang mereka dapati terkait pesta demokrasi, ditambah lagi kelompok marjinal dianggap sebagai kelompok yang paling mudah dihasut melalui kampanye hitam, berita hoax, bahkan money politik.

“Sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat marjinal, agar terhindar dari sogokan, berita hoax, dan kampanye hitam terkait pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Kota Bengkulu, sebab kelompok marjinal adalah kelompok yang paling rawan disasar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tutup Sri Hartati.