Logo
Dempo Xler

Dua Siswa Tidak Ikut UN

Dua Siswa Tidak Ikut UN

SELUMA, bengkulunews.co.id – Pada hari pertama, dua orang siswa dinyatakan tidak mengikuti Ujian Nasional (UN) tingkat SMK se-Kabupaten Seluma.

Menurut Ketua Posko UN SMK, Kabupaten Seluma, Drs. Sardina Panjaitan, MP.d, mereka masing-masing berasal dari SMK 1 dan SMK 2, dengan alasan sudah drop out tetapi sudah terlanjur didaftarkan sebagai peserta UN.

“Secara umum kegiatan ujian dihari pertama berjalan dengan tertib dan lancar, baik ujian yang berbasiskan komputer ataupun pena dan kertas,” kata Sardina.

Di Kabupaten Seluma, hanya SMK 3 Dermayu saja yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasiskan Komputer (UNBK), karena sudah mempunyai 40 unit komputer.

Peserta ujian disekolah tersebut sebanyak 186 siswa dan dibagi tiga sesi ujian hingga sore. Sedangkan SMK 1, 2, 4 dan 5 menggelar ujian manual.

Unas SMK sendiri dilaksanakan empat hari atau mulai Senin-Kamis. Dengan mata pelajaran berturut-turut Bahasa Indonesia, Matematika, B. Inggris dan Teori Kejuruan. Sementara UN SMA mulai Senin (10/4/2017).

Soal UNBK dengan ujian manual pada umumnya sama, hanya nomor urutnya aja yang diubah. Pengawas ujian berasal dari guru-guru SMK tetapi ditukar tempat mengawasnya.

“Yang dikhawatirkan adalah jaringan internet terganggu, karena gangguan itu sifatnya sudah teknis, sulit untuk mengatasinya. Sementara guna mengatasi pemadaman listrik, tiap-tiap sekolah sudah menyediakan genset,” tutup Sardina.