Logo

DKP Dorong Pertanian Perkarangan Jadi Gaya Hidup

REJANG LEBONG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Rejang Lebong terus mendorong pengembangan pertanian pekarangan. Ini dikarenakan hanya terdapat 4 kelompok wanita tani (KWT) saja yang mendapatkan bantuan dari pemerintah terkait dengan pertanian pekarangan. Yakni di Kampung Delima, Seguring, Suka Datang, dan Rimbo Recap.

Sekretaris DKP Rejang Lebong, Solahudin,SP melalui Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Syapril Johan, SP, MM menjelaskan, pihaknya akan terus mendorong supaya pertanian pekarangan menjadi gaya hidup masyarakat.

Selain itu, tujuan lainnya yakni untuk pengembangan pemanfaatan lahan pekarangan menjadi tempat pertanian serta bisa mengasrikan pekarangan rumah.

“Tujuan dari pertanian pekarangan ini adalah agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya,”u jar Syafril, Senin (30/4/2018).

Syafril menambahkan, pihaknya saat ini sedang mengajukan 30 KWT baru kepada pemprov untuk pertanian pekarangan desa yang belum terakomodir di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Ia menjelaskan, di desa lainnya juga sudah ada kelompok tersebut tetapi masih dalam tahap pembinaan mengingat anggaran yang terbatas. Apabila anggaran tersebut ada maka seluruh kelompok akan dibantu.

Bantuan yang diberikan kepada kelompok tersebut berupa bibit sayuran sedangkan untuk pupuk swadaya dari kelompok itu sendiri.

“Bantuan yang diberikan adalah bibit sayur, untuk pupuknya masyarakat swadaya sendiri,” pungkas Syafril.