Logo

Dispora Kaur Seleksi Paskibraka 2016

BINTUHAN, bengkulunews.co.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (dispora) Kabupaten Kaur lakukan penjaringan terhadap calon peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2016. Dari setiap SMA/SMK sederajat pada tiap kecamatan se-Kabupaten Kaur. Pasca pendaftaran, bagi yang lulus administrasi selanjutnya dilakukan tes tertulis, dan akan diambil 140 peserta untuk lakukan tahapan berikutnya.

Kabid Pemuda dan Olahraga, Hopalara mengatakan, pihaknya sangat serius dan benar-benar konsentrasi melakukan penjaringan sehingga mendapatkan peserta yang unggul yang akan dikirimkan ke seleksi tingkat provinsi. Pihaknya juga bekerjasama dengan TNI AD juga Kepolisian dalam pelatihan baris-berbaris, kedisiplinan, juga test fisik serta kesehatan.

“Kami lakukan penjaringan dan pencarian untuk dapat putra putri terbaik Kaur untuk Paskibraka. Dari pelajar SLTA, MA dan SMK se-Kabupaten Kaur,” ungkap Hopalara kepada Bengkulu News.

Tahapan seleksi selanjutnya adalah tes kesehatan, dari hasil terbaik akan diperoleh 80 peserta. Kemudian akan diseleksi kembali tes fisik seperti keseimbangan tinggi dan berat badan sehingga akan diterima 40 peserta yang akan dilatih. Pelatihan kedisiplinan serta penguasaan baris berbaris, dilakukan di Taman Benika Kabupaten Kaur juga tempat yang ditentukan oleh TNI maupun Polri.

Mental peserta yang telah digembeleng diharapkan bisa menjadi Paskibraka yang terdidik sehingga layak untuk maju ditingkat Provinsi Bengkulu. Bahkan tak menutup kemungkinan bagi yang terbaik tingkat provinsi akan maju lagi di tingkat nasional. Pelatihan tingkat provinsi dijadwalkan mulai April hingga Agustus mendatang.

Setelah penjaringan dan pelatihan Paskibraka Kabupaten Kaur, dispora juga akan menggelar even olahraga. Hal ini juga disampaikan oleh Hopalara, bertujuan untuk meningkatkan minat bakat pelajar dan pemuda. Dengan olahraga, dan kegiatan positif lain maka pelajar dan pemuda Kaur akan disibukkan dengan kegiatan positif. Sehingga menurutnya, kejahatan ataupun tindakan negatif oleh pemuda dan juga pelajar bisa ditekan.

“Selain jiwa sportif, kegiatan olahraga juga akan menjadi wadah pemuda serta pelajar meningkatkan minat bakatnya. Kita juga mengharapkan karakter disiplin bisa dibentuk melalui pendidikan sekolah maupun pendidikan luar sekolah, seperti kegiatan yang bakal kita gelar,” beber Hopalara saat lakukan pelatihan Paskibraka Kaur 2016.

Dalam kesempatan itu, Hopalara juga sampaikan ucapan selamat kepada Ketua KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Kabupaten Kaur yang telah terpilih secara aklamasi. Beliau mengharapkan KNPI Kabupaten Kaur dapat bersinergi dengan pemerintah, serta mampu mendorong dan berkonstribusi positif sehingga bersama-sama wujudkan Kabupaten Kaur yang lebih baik. (123)