Logo

550 Orang Akan Laksanakan Suluk

REJANG LEBONG – Ketua umum Tareqat Nashabandiyah Kemas Rezi mengatakan, kegiatan suluk yang dilaksanakan di desa Sukadatang kecamatan Curup Utara akan dimulai dari Ramadhan ketiga hingga sepuluh hari kedepan. Dikarenakan jumlah peserta yang sudah mendaftar sekitar 674 orang, sementara untuk kuota pengajian tareqat Nashabandiyah pergelombangnya dibatasi hanya 550 orang maka akan dibagi beberapa kelompok.

“Peserta gelombang pertama banyak dari luar dan paling jauhnya berasal dari NTT,” ujar Kemas, Senin (14/5/2018).

Dipaparkan Kemas, sesuai daya tampung kapasitas peserta sebanyak 550 dan tidak dipaksakan untuk melebihi kuota. Hal itu dikarenakan saat ini pihak penyelenggara kegiatan tersebut hanya menyediakan Kelambu dengan ukuran 1×1 meter tersebut sebanyak 550 saja. Ia juga menjelaskan, untuk peserta yang mengikuti kegiatan Suluk akan dilakukan tes terlebih dahulu seperti kesehatan dan yang lainnya.

“Tes kesehatan nanti dilaksanakan disini, kalau memang memiliki penyakit kronis dan tidak memungkinkan mengikuti, tidak akan mengikuti kegiatan ini. Termasuk yang sedang hamil dan dilarang membawa anak kecil,” jelasnya.

Pihaknya juga, akan memperhatikan sistem pengairan, makanan dan kelengkapan lainya untuk peserta. Ia juga menambahkan, terhitung saat ini untuk peserta yang sudah tergabung dalam tareqat Nashabandiyah diwilayah Rejang lebong sebanyak 1.006. Sementara untuk Se-Indonesia sebanyak 195.830 orang.

“Penyelenggaraan Suluk kali merupakan penyelenggaraan suluk yang ke-15. Dan Rejang lebong merupakan pusat kegiatan Tareqat Nasyabandiyah di Indoesia. Kalau untuk cabang-cabangnya banyak, ada di Sumatera Barat, Bengkulu selatan dan lainya,” pungkas Kemas.