40 Persen ASN di Rejang Lebong Tidak Kompeten

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju. Foto : Yudi
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju. Foto : Yudi

REJANG LEBONG – 40 Persen Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong dinyatakan belum kompeten. Hasil ini mengacu pada uji kompetensi jabatan struktural atau job fit, yang digelar November 2017. Ujian ini mengikutkan sebanyak 777 peserta dari pejabat eselon II, III dan IV.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Rejang Lebong, Khirdes Lapendo Pasju mengatakan, ada tiga klasifikasi penilaian yang digunakan. Yakni, Direkomendasikan, Dipertimbangkan, dan Tidak direkomendasikan.

“Masih banyak ASN yang belum berkompeten, untuk nilai direkomendasikan berarti nilainya diatas standar, dipertimbangkan berarti nilai kompetensinya sedang, sedangkan untuk yang tidak direkomendasikan artinya di bawah standar,” ujar Khirdes.

Khirdes menjelaskan bahwa hasil dari job fit dibagikan melalui perorangan dengan tujuan agar mereka di tegur karena nilainya masih dibawah standar. Mereka diminta untuk mempelajari lagi tupoksi dan meningkatkan kompetensinya.

Teguran berupa surat tersebut hanya diberikan untuk klasifikasi nilai nomor 2 dan 3 agar dapat lebih memahami tupoksi dan mengembangkan kompetensi. Karena pada maret mendatang BKD RL akan melaksanakan Job Fit Kembali.

“InsyaAllah akhir maret kita uji kompetensi lagi, semoga ada peningkatan dari ASN yang sudah kita berikan teguran agar lebih memahami tupoksinya,” pungkasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen