Logo
Dempo Xler

Warga Sibuk Bikin “Status” Kebakaran, Rumah di Pintu Batu Ludes Karena Petugas Telat

Kebakaran di Pintu Batu, Minggu (19/03/2023). Foto, Cindy/BN

Kebakaran di Pintu Batu, Minggu (19/03/2023). Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Kepala Pemadam Kebakaran Kota Bengkulu, Yuliansyah ‘marah’ saat tiba di lokasi kebakaran di Pintu Batu Kelurahan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Minggu malam (19/03/2023). Kemarahan Yuliansyah dipicu oleh tidak ada laporan dari warga tentang terjadinya kebakaran di wilayah tersebut.

Ia menyalahkan warga yang sibuk merekam kejadian itu tanpa melapor terlebih dahulu kepada petugas. Akibatnya satu unit rumah kayu ludes dilahap api karena petugas pemadam telat tiba di lokasi.

“Ini musibah. Tolong, hubungi dulu kami. Setelah itu terserah. Jangan kita riang dengan ‘status’ kita sehingga masyarakat kasihan,” ujarnya.

Padahal, kata Yuliansyah, jarak pos damkar terdekat dari lokasi itu hanya berkisar lima menit perjalanan. Namun, karena tidak ada laporan dari warga, rumah yang seharusnya bisa dipadamkan terpaksa ludes.

“Karena lambat menginformasikan ke kami. Jarak dari pos kami terdekat tidak sampai lima menit kalau informasi itu bisa disampaikan lebih cepat,” katanya.

Beruntung rumah tua yang terbuat dari kayu tersebut berada dalam keadaan kosong, sehingga tidak menimbulkan korban. Penyebab dari kebakaran tersebut juga belum diketahui pasti.

Ia berharap masyarakat bisa melapor lebih dulu jika kejadian serupa terulang. “Kami berharap pastisipasi masyarakat untuk segera melapor. Ini kan musibah,” imbauanya.