Logo
Dempo Xler

Visual Look Up Fitur Tersembunyi iPhone yang Tidak Banyak Diketahui

Visual Look Up Fitur Tersembunyi iPhone yang Tidak Banyak Diketahui

Apple memang setiap tahunnya tidak pernah gagal dalam menyuguhkan fitur menarik, untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan iPhone. Nah kali ini iPhone akan mempromosikan satu fitur rahasia tersembunyi dan banyak orang belum mengetahuinya.

Fitur tersebut adalah “Visual Look Up”, lewat kanal YouTube Apple Support tersebut yang diunggah 7 hari lalu. Mereka menjelaskan secara singkat terkait fungsi serta penggunaan fitur tersebut.

Visual Look Up sendiri dapat memungkinkan perangkat menampilkan sejumlah informasi, kepada pengguna dari gambar yang dipotret menggunakan iPhone. Informasi yang ditampilkanpun buka merupakan data exif, akan tetapi mengenai semua objek yang terekam dalam gambar.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah, pengguna hanya perlu memilih salah satu foto (gambar) jika ingin melihat Visual Look Up nya.

Jika sudah, pada pojon bawah kanan pengguna dapat mengklik ikon yang bertuliskan “I” dengan beberapa bintang-bintang (sparkle). Kemudian pilih “Look Up”, pengguna akan langsung dapat melihat informasi dari internet dan Siri Knowledge terkait gambar tersebut.

Misalnya pengguna ingin mencari tahu mengenai hamster, maka dengan menggunakan fitur tersebut akan muncul berbagai informasi baik dari jenis ras hingga foto serupa. Sistem juga dapat mengkategorikan gambar berdasarkan ikon.

Jika gambar tersebut menampilkan ikan Paw (jejak kaki binatang) maka sistem mengenali bahwa objek tersebut merupakan hewan peliharaan atau binatang. Tidak hanya di aplikasi photo, pengguna juga bisa menemukan fitur tersebut di Mail, Messages ataupun Notes.

Bagi pengguna yang iPhoennya masih saja “I” biasa tanpa ada sparkle, maka fitur Visual Look Up tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi gambar. Fitur “i” hanya bisa memberikan informasi secara umum seperti resolusi gambar, informasi mengenai kamera (Shuyyer spees, lensa dan aperture) juga lokasi pengambilan gambar.

Bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur tersebut, harus sudah memperbarui atau sudah menjalankan sistem operasi minimal iOS 15 atau perangkat di bawah ini :

  1. iPhone versi iOS 15 atau lebih baru.
  2. iPadOS 15.1 versi lebih baru.
  3. iPad Pro 12,9 inci generasi tiga atau lebih baru.
  4. iPad Pro 11 inci.
  5. iPad Air generasi 3 atau lebih baru.
  6. iPad generasi 8 atau lebih baru.
  7. iPad Mini generasi 5 atau lebih baru.