Logo

Tertutup Awan, Hilal di Bengkulu Tak Terlihat


KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu memutuskan, awal Ramadhan tahun 2017/1438 Hijriah, jatuh pada Sabtu (27/5/2017). Hanya saja, hal tersebut masih menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama Pusat, yang akan menggelar sidang isbat, pada malam ini.

Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Bustasar mengatakan, saat matahari tenggelam pada pukul 18.06:09 WIB, posisi tinggi hilal 8 derajat 32′ 34.96”. Hal itu berdasarkan, pemantauan dari Badan Hisab dan Rukyat Kemenag.

”Hilal tidak terlihat, karena posisi hilal tertutup awan. Tidak terlihat ini karena cuaca,” kata Bustasar, Jumat (26/5/2017).

Dalam pemantauan itu, diambil dari ketinggian sekira 20 meter diatas permukaan laut, dengan posisi lintang tempat 3 derajat 48 menit 0 detik Lintang Selatan, dan bujur tempat 102 derajat 15 menit 0 detik Bujur Timur.

Persisnya, pengamatan itu diambil diatas mess Pemerintah Provinsi Bengkulu, tepatnya di obyek wisata Tapak Paderi Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Pemantauan hilal sendiri, melibatkan Kementerian Agama (Kemenag), BMKG Bengkulu, perwakilan dari sejumlah organisasi Islam. Seperti, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, perwakilan dari PTN/PTS se Kota Bengkulu dan anggota Badan Hisab Rukyat Kemenag.