Logo

Terjerat Tali Tambang dalam Kebun Sawit di Mukomuko, Lengan Kanan Beruang Madu Terluka Parah

BENGKULU – Seekor beruang madu berjenis kelamin betina terjerat tali tambang yang dipasang oleh warga di lokasi perkebunan sawit yang ada di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu.

Akibat jeratan tali tambang tersebut, seekor beruang madu itu mengalami luka pada pergelangan tangan sebelah kanannya.

Mengetahui hal tersebut, petugas Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kabupaten Mukomuko langsung mengevaluasi beruang madu itu.

Proses evakuasi terhadap beruang madu inipun sedikit alot, sebab beruang madu sudah terjerat perangkap yang dipasang warga selama 5 hari belakangan. Sehingga induk beruang madu sedikit agresif untuk dilakukan evakuasi oleh petugas gabungan dari BKSDA Bengkulu dan TNI-Polri.

Sementara karena hal itu petugas gabungan terpaksa harus memberikan bius terhadap beruang agar bisa dimasukan ke dalam kandang besi.

“Petugas masih di dalam hutan melakukan evakuasi induk beruang madu,” kata Damien, Kepala KSDA Mukomuko.

Saat ini petugas gabungan dari BKSDA Bengkulu masih berupaya membawa induk beruang madu tersebut keluar dari lokasi kejadian untuk kemudian dibawa ke Pos BKSDA Air Hitam, guna dilakukan penanganan sementara terhadap luka yang dialami oleh beruang madu.

Namun jika nantinya dianggap membutuhkan penanganan medis, maka tim gabungan BKSDA akan mengantarkan induk beruang madu ke kantor pusat BKSDA di Kota Bengkulu.