Tahun Ini BUMDes Bakal Terima Bantuan Pusat

REJANG LEBONG – Tampaknya program dari pusat dalam membangun desa mulai menunjukkan titik terang. Ini setelah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) masing-masing desa di Kabupaten Rejang Lebong (RL) mulai tahun ini akan mendapatkan bantuan dana dari Pemerintah Pusat. Bantuan yang dianggarkan dalam APBN tersebut merupakan murni bantuan pengembangan BUMDes diluar Dana Desa.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Rejang Lebong, Gunawan Firmasnyah menjelaskan, nantinya setiap desa akan mendapatkan bantuan dana  sebesar Rp. 50 juta untuk pengembangan BUMDes. Oleh karena itu, saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan BUMDes di 122 desa yang terdapat di Rejang Lebong.

”Saat ini kami tengah melakukan pendataan terhadap 122 BUMDes yang ada di kabupaten ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, desa yang mendapatkan dana bantuan ini nantinya adalah BUMDes yang telah memiliki embung (Penampung air).

”Nantinya Desa atau BUMDes yang sudah memiliki embung ini akan diberikan bantuan Rp 50 Juta ini untuk pengembangan wisata embung dan saat ini kami belum memiliki data BUMDes atau desa yang sudah memiliki embung karena masih dalam proses pendataan,” katanya.

”Saya berharap, dengan adanya bantuan dana dari pusat tersebut BUMDes dapat semakin berkembang dalam memajukan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen