Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Studi Tiru ke Sumsel, Komisi II Peroleh Catatan Penting soal Pengembangan Hewan Ternak

BENGKULU – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu melakukan studi tiru pola pengembangan ternak di Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan, Rabu (6/12/2023).

Anggota Komisi II, Usin Abdisyah Putra Sembiring mengatakan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Sumatera Selatan dianggap berhasil melakukan pengembangan ternak yang berasal dari inseminasi buatan.

“Termasuk di dalamnya pengembangan sapi jenis unggul dan kebrau serta jenis kambing peliharaan,” ungkap Usin.

WhatsApp Image 2023 12 08 at 00.03.25

Hasil kunjungan ini, kata Usin, DPRD Provinsi Bengkulu memperoleh beberapa catatan. Diantaranya mendorong Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu segera mengembangkan inseminasi buatan untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Segera kolaborasikan dan mendiversifikasi serta pengembangan insem buatan hewan ternak peliharaan pada UPT Pembibitan Hewan Ternak untuk dibagikan pada masyarakat,” kata Usin.

Untuk mendorong program itu terlaksana secara optimal, Usin juga meminta dinas terkait untuk membuat pelatihan inseminasi buatan pada peternak yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Di sisi lain, perlunya program pelatihan inseminasi buatan bagi peternak sapi, kambing dan kerbau yang menjadi hewan peliharaan di masyarakat,” ujar Usin.

Harapannya, peternak yang telah dilatih dapat menjadi panduan oleh peternak lain untuk melakukan pengembangan. “Peternak-petenak inilah nantinya akan menjadi leade pengembangan jenis sapi di masyarakat,” demikian Usin. (Advetorial)

Baca Juga
Tinggalkan komen