Logo
Dempo Xler

Siswa MTS Raih Medali di Thailand International Mathematical Olympiad

Kemenag

Kemenag

Siswa MTsN 1 Pati kembali menorehkan prestasi internasional. Lima medali berhasil diraih dalam Thailand International Mathematical Olympiad (TIMO).

Lima medali itu diraih Hanindya Laily Azzahra (Perak), M. Abdul Fattah (Perak), Faiz Rifky Andhika (Perak), Oktavia Dyah Ayu Utami (Perak), dan Nisa Azzahra (Perunggu).

Para pemenang TIMO dirilis Minggu (29/10/2023). Atas prestasi ini, kelimanya dinyatakan maju ke babak final TIMO yang akan berlangsung di Thailand, April 2024. Sebelumnya, kelima siswa tersebut mengikuti TIMO Heat Round yang digelar secara daring pada 7 Oktober 2023.

TIMO merupakan kompetisi Olimpiade internasional tahunan yang diselenggarakan bersama oleh OCEC dari Hong Kong dan Masyarakat Matematika Thailand. Ajang ini bertujuan menstimulasi dan menumbuhkan minat generasi muda dalam mempelajari matematika, memperkuat kemampuan berpikir kreatif, memperluas wawasan internasional, dan mendorong pengembangan pendidikan dasar dan menengah, serta pertukaran budaya pendidikan di seluruh negara/wilayah.

Terdapat 14 negara yang berpartisipasi dalam TIMO 2023, yaitu: Hong Kong, China, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Ukraina, Filipina, Kyrgyzstan, Iran, Taiwan, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja.

Koordinator Program Unggulan MTsN 1 Pati, Tommy Andriansyah menyatakan bahwa kelima siswanya memiliki potensi dan ketertarikan tinggi terhadap Matematika. Sehingga, mereka mampu bersaing dengan siswa terbaik lainnya dari seluruh Indonesia.

“Mereka ini anak-anak pilihan di bidangnya. Selain memang karena sudah memiliki potensi, kami juga berusaha memberikan fasilitas sebagai pelayanan terbaik dengan pembimbingan secara intensif untuk mempersiapkan anak-anak yang akan mengikuti perlombaan,” terangnya usai membaca rilis pengumuman.

“Madrasah selalu memberikan ruang untuk kami berkembang dan maju. Kami manfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, yakni membimbing dan membersamai anak-anak yang memiliki potensi di bidangnya agar tersalurkan dengan optimal, dan Alhamdulillah pada event kali ini dari enam siswa, lima bisa tembus,” lanjut Tommy.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, menyambut bahagia siswanya kembali berlaga di ajang internasional. “Syukur alhamdulillah, prestasi ini menunjukkan eksistensi MTsN 1 Pati dalam menjalankan visinya yang bertaraf internasional. Semoga ini akan menambah pengalaman kita dan anak-anak itu sendiri, di mana pengalaman akan menjadi guru yang terbaik bagi kehidupan dan masa depan mereka,” ujarnya.

Selain TIMO, dalam ajang lomba Matematika yang diselenggarakan Tim MGMP Matematika se-Kabupaten Pati, pada Minggu (29/10), dua siswa MTsN 1 Pati juga berhasil menyandang gelar juara, yakni M. Abdul Fattah sebagai Juara 1 dan Faiz Rifky Andhika sebagai Juara 2.

“Terima kasih yang tak terhingga kepada anak-anakku utamanya yang telah menjariyahkan seluruh kemampuannya untuk MTsN 1 Pati tercinta. Begitu pula kepada para guru pembimbing yang telah berkorban penuh untuk kesuksesan anak-anak. Tak lupa kepada para orang tua atas segala doa dan support-nya,” ucap Syafak.

“Bersama kita pertahankan dan tingkatkan prestasi MTsN 1 Pati agar tetap menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan istiqomah serta dicintai oleh masyarakat karena pelayanannya,” imbuhnya.