Logo

Sekolah Gratis di Rejang Lebong Sudah Terealisasi

REJANG LEBONG – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong Tarsisius Samuji menjelaskan, saat ini biaya pendidikan untuk SD dan SMP di Kabupaten Rejang Lebong sudah gratis. Hal itu dikarenakan dukungan dari anggaran APBN serta APBD Rejang Lebong.

“Saat ini dukungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sudah cukup untuk menjamin pendidikan gratis bagi pelajar,” ujar samuji.

Sejauh ini, Kabupaten Rejang Lebong menerima alokasi dana yang bersumber dari APBN tahun 2018, dalam bentuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) senilai Rp.37 miliar, yang diperuntukkan bagi 194 Sekolah Dasar (SD) dan 53 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Baik Negeri Maupun Swasta.

Ditambah lagi dengan Program Indonesia Pintar (PIP) yang diperkirakan bakal menyentuh angka Rp.5 miliar ditahun 2018. Sementara untuk dukungan pemerintah daerah Kabupaten Rejang Lebong melalui APBD tahun 2018 terdapat alokasi dana sebesar Rp.3,5 miliar, untuk pengadaan seragam sekolah gratis bagi pelajar SD dan SMP di Rejang Lebong.

Tak hanya sampai disitu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Rejang Lebong juga bakal mengupayakan penambahan anggaran di APBD Perubahan sebesar Rp.14 miliar untuk kembali melakukan pengadaan seragam sekolah gratis.

“Kita masih akan terus mengupayakan pendidikan gratis bagi masyarakat rejang lebong,” pungkasnya.