Logo

Pemda Kaur MoU Bersama Poltekpar Palembang Untuk Tingkatkan SDM Bidang Pariwisata

KAUR – Pemerintah kabupaten Kaur terus berupaya untuk mengembangkan potensi pariwisata Kaur, salah satu yang dilakukan dengan mengembangkan dan meningkatkan SDM di bidang pariwisata. Hal itu dibuktikan Bupati Kaur H. Lismidianto,SH.,MH dengan penandatanganan MoU bersama Direktur Politeknik Pariwisata Palembang Iwan Riady, S.Sos.,M.SI, CHE. Kerjasama tersebut dilakukan pada Senin, 29/4/2024 di ruang rapat Bupati.

Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemkab Kaur dan Poltekpar Palembang tersebut turut disaksikan oleh Sekda Kaur Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM, Para Asisten, Staff Ahli, kepala OPD terkait dan Kepala SMA/SMK/MA se- Kabupaten Kaur.

Disampaikan Bupati Kaur H.Lismidianto, SH, MH bahwa kerjasama Pemda Kaur bersama Poltekpar Palembang tersebut di yakini akan sangat bermanfaat terlebih dalam bentuk pengembangan SDM di bidang pariwisata apalagi wilayah kabupaten Kaur merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi pariwisata. Dengan begitu pemkab kaur telah berupaya untuk memberikan kemudahan bagi generasi muda kabupaten kaur untuk melanjutkan pendidikan atau meningkatkan SDM di bidang pariwisata.

“Kerjasama ini akan sangat bermanfaat untuk putra putri Kaur, nantinya Poltekpar Palembang dalam hal ini akan memberikan dukungan dalam pengembangan sumber daya manusia dengan cara memberi bantuan pendidikan kepada putra/putri terbaik kabupaten kaur yang akan dimulai pada tahun ajaran 2024 ini,” Ucap Bupati

Lanjutnya, Poltekpar palembang sendiri merupakan perguruan tinggi yang bernaung dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia. Kerjasama ini dalam bentuk kegiatan tri dharma perguruan tinggi dan pengembangan potensi SDM di kabupaten kaur.

Sementara itu, Direktur Poltekpar Palembang Iwan Riady, S.Sos.,M.SI, CHE mengatakan dengan adanya perjanjian kerjasama ini kedepan, pihaknya akan membantu kabupaten kaur untuk meningkatkan Sumber daya manusia di bidang pariwisata.

“Nantinya anak-anak yang tamatan SMA SMK atau sederajat asal Kabupaten Kaur bisa untuk menjalankan pendidikan di tempat kita untuk meningkatkan SDM dibidang Pariwisata,” ujar Iwan

Lanjut Iwan Politeknik Pariwisata Palembang adalah salah satu perguruan tinggi negeri dibawah Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, ada 6 perguruan tinggi negeri di bawah kementerian pariwisata yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Sekolah Tinggi Pariwisata Bali, Politeknik Pariwisata Makassar, Politeknik Pariwisata Medan, Politeknik Pariwisata Palembang dan Politeknik Pariwisata Lombok.

Iwan berharap dengan adanya MoU antara pihaknya dengan Pemkab Kaur kedepan potensi pariwisata di kabupaten yang bertajuk bumi se’ase sehijean ini mampu dikelola dengan baik oleh SDM yang berasal dari daerah setempat, mengingat potensiya yang sangat melimpah.  (Adv/Komar)