Logo

Produk Unggulan Bengkulu yang Tembus Pasar Internasional

BENGKULU – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful memastikan sejumlah produk asli Bengkulu dapat menembus pasar internasional. Ini disampaikan Yenita usai pelatihan ‘Bagaimana Memulai Ekspor’ pada Kamis (15/06/2023).

“Ada topi, kerupuk ikan tenggiri, ada produk kalamansi, ada gaharu, kopi dan lainnya. Ini merupakan produk-produk unggulan kita yang bisa diekspor,” ungkap Yenita pada bengkulunews.co.id.

Kadisperindag, Yenita Saiful bersama salah satu pelaku IKM Bengkulu

Yenita memastikan, produk asli Bengkulu ini memiliki kualitas yang dapat bersaing di pasar internasional. Untuk menjamin hal tersebut, Disperindag Provinsi Bengkulu menggelar sejumlah pelatihan untuk IKM.

“Kita latih dengan narasumber dari kementerian perdagangan,” sambung Yenita.

Sebelumnya, beberapa produk IKM Bengkulu telah lebih dulu memasuki pasar internasional. Seperti kopi Bengkulu lewat merk dagang Bencoolen Coffee yang sukses membuka gerai di Malaysia.

Produk Bencoolen Coffe yang kini membuka gerai di Malaysia. Foto, Dok.BN

Ada juga hasil industri lain seperti cangkang sawit, kolang kaling, ikan capa, atau lintah hidup hasil budidaya Kelompok Usaha Sultan Lintah yang dieskpor ke Malaysia dan Filipina. Tak ketinggalan, kumbang tanduk juga menjadi salah satu produk Bengkulu yang biasa diekspor ke Jepang.

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri pernah menyebut bahwa peningkatan industri perdagangan saat ini menjadi salah satu prioritas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.

Kerjinan Kulit Lantung Bengkulu. Foto, BN

“Sudah pasti, Pemerintah Daerah harus hadir, ini kan membantu pemerintah membuka peluang untuk daerah, jadi pemerintah harus hadir,” sebut Hamka saat peluncuran ekspor lintah hidup, Rabu (26/10/2022) lalu.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah. Seperti pembangunan kawasan ekonomi khusus, pembukaan konektivitas baik melalui jalur laut, darat dan udara serta berbagai macam pelatihan untuk IKM. (Advetorial)