Logo

Bengkulu Ekspor Perdana 8500 Ton Cangkang Sawit ke Thailand

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu melepas ekspor perdana 8500 ton cangkang sawit ke ke Thailand. Pelepasan ini dipelopori oleh Makmur Agro Satwa (MAS) Group melalui PT. Mas Inti Persada di Pelabuhan Pulau Bali Bengkulu, Selasa (26/7).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu Fachriza mengatakan cangkang sawit diperlukan sebagai bahan bakar alternatif untuk sektor industri.

Fachriza berharap MAS Group dapat menggandeng BUMD yang ada di Bengkulu agar mendapatkan pengalaman di bidang ekspor.

“Kita kan memiliki PT. BIMEX, dan BUMD lainnya semoga dapat ikut berkolaborasi bersama MAS group, agar dapat berkembang mendapatkan pengalaman di bidang ekspor,” harapnya.

Pendiri MAS Group Anne Sri Arti mengatakan, ekspor satu tongkang cangkang sawit menuju Thailand merupakan langkah awal dalam membuka keran ekspor produk serupa ke berbagai negara lain.

“Untuk perdana targetnya 1 tongkang per bulan, dan dalam satu tongkang dapat memuat 8500 ton. Kemudian, kedepannya akan ditingkatkan hingga 3 tongkang per bulan,” terangnya.

Ia menyebut banyak potensi yang bisa digali di Bengkulu sebagai produk yang bisa dieskpor. Seperti pisang dari Enggano, buah pinang, dan lain sebagainya.

“PT. MAS siap berkolaborasi bersama Pemprov dan masyarakat sehingga PAD Bengkulu meningkat dan masyarakatnya sejahtera,” jelasnya. (Adv)