Logo
Dempo Xler

310 Peserta UMKM Sudah Mendaftarkan Diri Dalam Gernas BBI dan BBWI 2023

310 Peserta UMKM Sudah Mendaftarkan Diri Dalam Gernas BBI dan BBWI 2023

BENGKULU – Setelah melakukan pembukaan pendaftaran bagi Industri Kecil Menengah (IKM)/ Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bengkulu, dalam rangka kegiatan Gernas Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Bengkulu 2023.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkulu, Yenita Syaiful menuturkan sudah ada sebanyak 310 Industri Kecil Menengah (IKM)/ Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mendaftarkan usahanya.

Sayangnya dari 310 IKM/UMKM yang ada, hanya 160 usaha saja memiliki kelengkapan surat-surat seperti Nomor Induk Berusaha (NIB). Nantinya dari 160 ini akan kembali disaring menjadi 50 IKM/UMKM.

“Jadi hanya ada 160 IKM/UMKM yang sudah lengkap NIB nya. Untuk saat ini kita hanya saring dari NIB saja, ketika jam 12 malam selesai penutupan akan kita cek kembali. Pengecekan mana saja IKM/UMKM yang NIB nya lolos,” kata Yenita pada Bengkulunews.co.id Senin (03/07/23) siang.

Setelah terpilih sebanyak 50 IKM/UMKM, pihak Disperindag bersama Kemendagri juga Bank Indonesia (BI) akan melakukan pengecekan langsung ke tempat usaha.

Penilaian tersebut mulai dari kualitas produk, pengemasan hingga penjualan pertahunnya. Sehingga hanya tersisa 30 IKM/UMKM saja dari Provinsi Bengkulu.

Tentunya ke 30 IKM/UMKM ini akan dibina secara matang, untuk dibawa menjadi IKM/UMKM potensial dari Provinsi Bengkulu 2023.

“Saat ini sedang berjalan prosesnya dan mereka yang terpilih nanti akan kita dampingin bersama kemendagri dan BI,” demikian Yenita.