Logo

Polresta Bengkulu Siapkan Lapangan Uji Praktek SIM C1 untuk Motor 250 CC

BENGKULU – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bengkulu telah menyiapkan arena atau lokasi lapangan uji praktek untuk penerapan SIM C1 atau Surat Izin Mengemudi yang diterbitkan untuk pengguna kendaraan roda dua dengan kubikasi di atas 250 hingga 500 cc.

Hal tersebut diungkapkan Ipda Nanang Surohmad, Kasubnit Regident Satlantas Polresta Bengkulu. Ia mengatakan, hingga kini juga pihaknya masih melakukan berbagai persiapan dan penyesuaian. Sebab uji praktek SIM C1 itu, kata Nanang berbeda dengan SIM C yang biasa.

“Persiapan C1 untuk di Bengkulu, kita sudah menyiapkan sarana pertama itu lapangan uji praktek. Karena ada sedikit perubahan dengan uji praktek SIM C yang biasa,” kata Ipda Nanang, Senin (03/06/2024).

Ipda Nanang menambahkan, setelah tahapan Uji praktek, ia memastikan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dirlantas dan Korlantas. Nanti, lanjut Nanang, tim Survei dari Korlantas langsung yang akan turun ke lapangan memasang alat E-DRIVE.

“Nanti dari tahap setelah uji praktek nanti kita ajukan melalui Ditlantas ke Korlantas, nanti akan turun tim Survei dari Korlantas untuk memasang alat E-DRIVE. Sudah itu baru kita bisa untuk mendapatkan lisensi untuk cetak SIM C1. Mudah-mudahan secepatnya 1 Juli itu bisa launching,” tambah Nanang.

Menurut Ipda Nanang, untuk di Kota Bengkulu pengguna motor gede (Moge) dengan kapasitas 250 hingga 500 cc sudah banyak.Nantinya Satlantas akan merangkul mereka dan mengajak untuk membuat atau memiliki SIM C1.

“Untuk sosialisasi sudah kita sampaikan langsung baik dari media baik secara langsung sudah kita umumkan,” tandas Ipda Nanang.