Logo

Peserta Tes Calon Non PNS Kemenag BU Naik Signifikan

 

Heriansyah, S.Ag

Heriansyah, S.Ag

bengkulunews.co.id –  Tes calon non PNS di Kementerian Agama (KEMENAG) Bengkulu Utara (BU) meningkat signifikan. Peningkatan jumlah peserta naik hingga lebih dari 100 persen.

Diakatakan, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat (BIMA) Islam, Hariansyah, S.Ag, sebanyak 242 orang mengikuti tes. Ada tiga yang tidak bisa ikut, karena tidak memenuhi syarat.

Dia juga menambahkan, yang dibutuhkan hanya 150 orang. Seluruhnya akan ditempatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Kecematan di Kabupaten Bengkulu Utara. “Sesuai peraturan Kementerian Agama, guna menambah kearifan beragama  disetiap kecematan di BU,” ungkapnya.

Memang yang ikut tes non PNS di tahun 2016 kali ini cukup banyak dari tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan tahun lalu  yakni 2015, peserta hanya 100 orang. Naiknya sungguh signifikan.

Terkait kriteria, yang bisa ikut tes calon non PNS ini pertama harus kewarganegaran Indonesia. Mempunyai ijazah minimal SMA sederajat. Lalu, ada juga kriteria pengetahuan tentang agama Islam.

Tahap pertama tes ini dilaksanakan secara tertulis. Bertempat di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Arga Makmur (20/11). “Maka, Rabu (23/11), kami umumkan hasil tes wawancara tersebut. Kami nyatakan yang lulus tes tertulis sebanyak 150 orang,” ungkapnya.

Lanjut, Hari, bagi yang lulus akan ada lagi tes wawancara tahap kedua atau bisa juga disebut penentuan terakhir. Dilaksanakan tanggal 24 hingga 25 November 2016 di Aula Kemenag Kabupaten Bengkulu Utara. “Hasil ini akan kami umumkan tanggal 2 Desember 2016 mendatang,” cetusnya.

Tenaga pendidik, diutamakan harus bisa membaca Alqur’an dan bisa solat. Adapun juga wawasan tentang agama Islam.

Harapan Hari, agar kedepan tidak ada lagi isu-isu yang berkembang. Seperti saat ini, isu Sara dan isu lainya yang menyudutkan agama Islam,” pungkasnya.(Jbeu)