Logo

Pemkot Bengkulu Perkuat Pembinaan UMKM

Asisten III Pemerintah Kota Bengkulu Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Walin Siin

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Pemerintah kota Bengkulu melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Walin Siin, menyampaikan, pemerintah kota menanggapi positif rekomendasi yang diberikan Bank Indonesia untuk melakukan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di kota Bengkulu.

Menurutnya selama ini kota Bengkulu telah memilki produk-produk unggulan seperti batik basurek dan jeruk kalamansi. Namun Kurangnya pembinaan dan modal membuat kedua jenis usaha ini tidak mengalami peningkatan.

Maka itu, BI meminta Pemerintah kota Bengkulu dapat memperkuat pembinaan UMKM yang berada di kota.

“Semua produk yang diunggulkan kota Bengkulu ini berkembang tergantung pada permodalan,” katanya, Kamis (2/2/2017), usai acara diseminasi hasil penelitian komoditas, produk, jenis usaha (KPJU) unggulan UMKM Provinsi Bengkulu tahun 2016 yang di gelar BI di kantor BI Perwakilan Bengkulu.

Walin mengakui, jika produk unggulan kota ini sering dijadikan komoditas perdagangan daerah lain.

“Walaupun tetap menyertakan nama Bengkulu, namun hasil dari perdagangan tersebut tidak berefek pada perekonomian kota Bengkulu,” cetusnya.

Rekomendasi dari BI tersebut berupa kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan BI dalam kurun waktu 5 tahun dan disebutkan juga terkait produk atau jenis usaha unggulan UMKM yang dapat dibina oleh pemerintah.

Baca juga :

Dukung UMKM, Bank Indonesia Gelar Diseminasi

(Alwin)