Pembangunan Jalan Kota Tentukan Jalannya Ekonomi

KOTA BENGKULU –  Arus lalu lintas menjadi poin utama permasalahan disuatu kota, sebab banyak masyarakat menuntut hak kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan. Dilain sisi, jalan juga menentukan kemajuan dan keberhasilan suatu kota.

Pun begitu dengan Kota Bengkulu, yang tak lama ini, jalan-jalan milik pemerintah Kota Bengkulu berhasil disulap mulus dan nyaman oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Bengkulu.

Dituturkan Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu, Syafriandi, jalan kota adalah wajah dari Kota Bengkulu sehingga jalan yang bagus mempengaruhi penguatan ekonomi masyarakat Kota Bengkulu, lebih dalam, dirinya mencontohkan Jalan Pasar Panorama.

“Kalau jalan itu secara tidak langsung mempengaruhi, apakah jalan itu bisa naikkan harga? Tentu tidak, secara tidak langsung tentu jalan yang bagus mempengaruhi penguatan ekonomi masyarakatnya,” ujar Syafriandi saat ditemui diruangannya.

“Nah, semisal kalau jalan Pasar Panorama sudah bagus, sudah tidak becek lagu, los-los pasar sudah dibangun, orang belanja lebih enak sehingga dagangannya cepat habis,” lanjutnya.

Terkait itu, kedepannya, Dinas PUPR Kota Bengkulu tampaknya tetap menjadikan pembangunan jalan sebagai priotitas untuk menguatkan ekonomi masyarakat. Dan untuk sekarang terbukti sudah bangak dari beberapa ruas jalan di Kota Bengkulu telah diperbaiki dan hampir semuanya Hotmix.

Seperti halnya di jalan Hibrida, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu, diakui warga sekitar sebelumnya jalan di sepanjang Hibrida penuh dengan lubang dan rusak parah, sehingga sering memicu kecelakaan pada pengendara, kemacetan lalu lintas, dan kotor karena air genangan saat musim hujan.

“Sekarang saya senang karena jalannya sudah bagus, kalau kemaren pas jalannya jelek rasanya mau ke kampus saja malas, macet, becek kalau hujan,” tutur Leni Supriati mahasiswa kostan di Hibrida.

Setelah pembangunan yang dilakukan berkala oleh Dinas PUPR Kota Bengkulu, bukan hanya titik jalan rusak yang menjadi mulus, namun pelebaran jalan, pembangunan trotoar, dan drainase. (Prw)

Baca Juga
Tinggalkan komen