Logo

Mirza : Kemenangan Ferry Ramli Bukan Faktor Parpol

Drs. Mirza Yasben

Drs. Mirza Yasben

Drs. Mirza Yasben

BENGKULU TENGAH, bengkulunews.co.id – Kemenangan Ferry Ramli dalam hasil hitungan sementara pada pilkada di Kabupaten Bengkulu Tengah, bukan karena faktor partai politik.

Hal ini dikatakan oleh pengamat politik Universitas Bengkulu (UNIB), Drs. Mirza Yasben. Menurut Mirza, kemenangan Ferry Ramli lebih dikarenakan Faktor etnis.

“Partai tidak berpengaruh signifikan, yang berpengaruh itu etnis,”kata Mirza (17/2/2017).

Mirza menyampaikan, sebagai pemekaran kabupaten Bengkulu Utara (BU) etnis Rejang yang ada di kabupaten Benteng masih cukup loyal terhadap figur Ferry yang diketahui juga berasal dari etnis yang sama. Sebab, beberapa kecamatan seperti kecamatan Pematang tiga, Pagar jati dan Bang haji secara geografis dekat dengan Bengkulu Utara.

“Beberapa kecamatan di Benteng itu dekat dengan BU, otomatis secara emosional masih loyal dengan Ferry yang berasal dari BU,” Lanjut Mirza.

Ia mengatakan tidak ada peran yang signifikan dari partai terhadap jumlah suara yang berhasil di dulang Ferry Ramli, walaupun seluruh partai ikut dalam pengusungan Ferry.

Hal ini terbukti dengan jumlah suara yang diperoleh M. Sabri yang mencalonkan diri lewat jalur Independent. M. Sabri juga berhasil mengumpulkan suara yang lumayan tinggi.

“M. Sabri itu tidak lewat jalur parpol, tapi lihat suara yang diperolehnya. Seharusnya jika seluruh partai mendukung Ferry, jumlah suara Ferry bisa mencapai 70%,” ujar dosen di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UNIB ini.