Bengkulu News

Lebong Dapat Bantuan Alsintan dari Kementan

LEBONG – Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong mendapat bantuan dari Kementrian Pertanian (Kementan) RI berupa Alat Mesin Pertanian (Alsintan) olah tanah seperti 46 unit Hand Traktor, 10 unit Cultivator, 1 unit Transplanter dan 3 mesin pompa air.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) kabupaten Lebong, Emi Wati melalui Pelaksana tugas Kabit Prasarana dan Sarana, Afri Hardiyansyah mengatakan, alat mesin pertanian yang didapat dari bantuan kementan itu direncanakan akan diperuntukan pada kelompok tani yang ada di desa dalam mendukung program musim tanam dua kali satu tahun.

Sebelum diserahkan ke kelompok tani, lanjutnya, Disperkan terlebih dahulu segera melakukan pendataan kelompok tani sebagai calon penerima calon lokasi (CPCL), kalau tidak dirawat bisa ditarik.

“Nanti akan ada surat perjanjian sebelum diserahkan ke kelompok tani. Sebagian alat itu juga akan dijadikan brigade alat mesin pertanian di dinas pertanian dan perikanan Lebong. Namun, terutama kita akan fokuskan untuk kelompok tani yang selama ini belum pernah sama sekali dapat bantuan Hand Traktor dari pemerintah pusat,” ujar Afri, Rabu (11/7/2018)

Bantuan dari kementan, seluruhnya sekitar 4,1 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2018, bantuan didapat dari hasil usulan kebutuhan pertanian lebong kepada pemerintah provinsi Bengkulu.

“Seluruh bantuan alsintan ini berdasarkan usulan kita ke Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu yang kemudian di usulkan lagi ke pemerintah pusat,” demikian Afri.