Kota Bengkulu Hanya Miliki 42 Unit Bak Sampah

KOTA BENGKULU – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kota Bengkulu Syarnubi mengatakan, tahun ini DLH akan menambah bak kontainer sebanyak 12 unit. Angka tersebut, terbilang sangat sedikit, karena kota Bengkulu seharusnya memiliki bak sampah 126 unit, namun sekarang hanya ada 1/3 bak sampah atau sekitar 42 unit, dan beberapa di antaranya dinyatakan sudah tak layak.
 “Tahun ini kita penambahan sarana berupa bak kontainer, kita rencanakan ada 12 unit,” kata Syarnubi usai hearing bersama anggota dewan,  Senin (26/2/2018).
Terlebih menurut Syarnubi, jumlah sampah yang masuk ke TPA, baik dari dinas maupun masyarakat, sudah mencapai 380 hingga 420 meter kubik per harinya.
“TPA kita itu sampai saat sekarang, sampah yang kita angkut sudah mencapai 380 hingga 420 meter kubik per hari,” katanya.
Dilanjutkan Syarnubi, sejauh ini hanya bak kontainer yang dipastikan akan diperbaharui, sedangkan fasilitas sampah yang lain seperti armada truk pengangkutan belum ada.
“Secara keseluruhan kita butuh paling tidak 40 armada, untuk kota ini saya hitung 5 hingga 6 tahun kedepan 40 itu cukup, namun demikian kita akan coba berangsur dan liat kondisi anggaran paling tidak ada penambahan 3 hingga 4 unit dalam satu tahun,” tutup Syarnubi.
Baca Juga
Tinggalkan komen