Bengkulu News #KitoNian

Kenali 5 Tanda Mertua Toxic yang Harus Diwaspadai

Banyak penyebab suatu rumah tangga yang kurang harmonis. Memang dalam perjalanan rumah tangga semakin lama usia pernikahan, akan semakin banyak masalah dan tantangan mulai dari ekonomi, sifat, dan salah satu faktor lainnya adalah mertua yang

toxic

.

Posisi kamu sebagai menantu, tak jarang membuatmu harus lebih bersabar menghadapi sikap dan perilaku dari mertuamu. Hal ini yang membuatmu harus lebih berhati-hati dalam bersikap. Memiliki mertua yang toxic akan selalu mengusik kehidupan sehari-harimu dan pasangan.

Beberapa tanda mertua yang toxic berikut mungkin bisa kamu jadikan antisipasi dalam menjalani rumah tanggamu :

  1. Merasa Selalu Benar

Tanda pertama data kamu memiliki mertua yang toxic adalah ia selalu merasa benar dalam perilakuknya terhadap rumah tanggamu. Tak jarang apa yang dia lakukan harus selalu kamu dan pasangan turuti. Mertua yang toxic sangat enggan untuk mengakui kesalahannya. Dan selalu merasa paling bijak dan benar.

  1. Cemburu

Terkadang sikap mertua selalu ada-ada saja yang membuatmu geleng-geleng kepala, salah satunya cemburu. Dalam beberapa hal, kecemburuan adalah hal yang wajar. Namun, jika kecemburuan ini sudah berlebihan, membuatmu tak nyaman dan ia menganggapmu sebagai saingannya, ini sudah kelewatan. Ini menunjukkan bahwa ia termasuk salah satu mertua dengan sikap toxic dan perlu kamu waspadai.

  1. Suka Mengungkit dan Mengkritik

Tanda selanjutnya jika mertua toxic adalah, ia suka mengungkit kesalahan dan kekurangan orang lain. Mertua yang memiliki sikap ini, tidak menutup kemungkinan dia juga akan mengungkit keburukan dan kesalahanmu. Inilah mertua yang toxic. Ia bisa membuat menantunya sangat tak nyaman. Terlebih lagi, jika ungkitan ini dikatakan di hadapan anggota keluarga besar lainnya.

  1. Manipulatif

Mertua yang memiliki sikap manipulative juga menandakan bahwa ia toxic. Ia bisa mengalami perubahan sikap secara signifikan di waktu sama. Ia yang semula baik, bisa saja sangat jahat dan meremehkanmu. Waspadai mertua yang seperti ini. Karena apa? Ini bisa membuatmu tak nyaman dan serba salah dengan apa yang kamu lakukan.

  1. Menuntut dan Selalu Ikut Campur

Mertua toxic ditandai dengan sikapnya yang selalu saja menuntut banyak hal dan tidak menghargai apa yang telah dilakukan oleh kamu dan juga pasangan. Ia juga selalu berusaha untuk ikut campu dalam setiap masalah pernikahanmu. Hal ini akan membuat masalah dalam rumah tangga menjadi semakin runyam.

Baca Juga
Tinggalkan komen