Logo

Kementan RI Buka Beasiswa SDM Sawit, DTPHP Minta Masyarakat Bengkulu Segera Daftar

BENGKULU – Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan, Hortilkutura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, M. Rizon melalui Khairiah, SP selaku sub kordinator perbenihan dan perlindungan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu mengatakan bahwa Kementrian Pertanian (Kementan) RI telah membuka seleksi beasiswa bagi anak petani kelapa sawit sebanyak tiga ribu kuota se – Indonesia.

Beasiswa ini merupakan inisiasi Direktorat Jenderal Perkebunan dengan dukungan pendanaan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Kementan RI menyasar sebanyak tiga ribu mahasiswa/i penerima dan tidak ada biaya pendaftaran atau gratis.

“Kementan membuka beasiswa sawit sebanyak 3000. Sementara jumlah kuota untuk Provinsi Bengkulu sendiri bergantung pada berapa jumlah yang lulus kualifikasi,” kata Khairiah, SP Sub Kordinator Perbenihan dan Perlindungan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu pada bengkulunews co.id, Rabu, (15/05/2024).

Tambah Khairiah, Seleksi Nasional Beasiswa Pendidikan Tinggi bagi petani kelapa sawit tersebut ditujukan untuk jenjang studi Vokasi dan akademik.  Program ini mencakup beasiswa kuliah di jenjang D1, D2, D3, D4, sampai S1.

Pendaftaran beasiswa SDM sawit ini dimulai dari 5 April hingga 24 Mei 2024. Mengingat waktu pendaftaran menyisakan 9 hari lagi maka dari itu ia menyampaikan agar masyarakat segera mendaftar Beasiswa SDM Sawit 2024, para peminat beasiswa bisa mendaftar melalui www.beasiswasdmsawit.id.

“Karena waktu pendaftaran sudah tinggal menghitung hari, maka bagi yang tertarik mengikuti profram tersebut, agar segera mendaftarkan diri,” tambahnya.

Lanjut Khairiah, tujuan diadakanya program tersebut nantinya diharapkan dapat mencetak generasi muda perkebunan sawit yang dapat terus secara konsisten meningkatkan industri perkelapasawitan di Indonesia dan dunia.

“Harapannya dengan adanya beasiswa SDM kelapa sawit ini banyak anak SMA selepas tamat sekolah bisa mendaftar baik di 9 kabupaten 1 kota di Provinsi Bengkulu. Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat memajukan SDM kelapa sawit di Provinsi Bengkulu,” sambungnya.

Sebagai informasi Beasiswa tersebut bukan hanya bagi petani dan anak petani kelapa sawit saja, melainkan untuk pekebun dan Keluarga pekebun kelapa sawit, karyawan pekerja pada usaha budidaya atau pengolahan hasil perkebunan kelapa Sawit dan keluarga (anak, istri, suami) karyawan pekerja pada usaha budidaya dan atau pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit, pengurus, anggota koperasi lembaga yang bergerak di bidang usaha budidaya, pengolahan, dan atau jasa perkebunan kelapa sawit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).