Bengkulu News #KitoNian

Kemenag Lebong: Usahakan Bayar Zakat Pakai Beras

Kepala Kementrian Agaman (Kemenag) Lebong, Hamdani

LEBONG – Kepala Kementrian Agaman (Kemenag) Lebong, Hamdani mengimbau masyarakat kurang mampu untuk menunaikan zakat fitrah berupa beras.

Dijelaskan Hamdani, berdasarkan keputusan mentri agama ada 3 kategori beras yang dapat diberikan sebanyak 2,5 Kg per orang bagi muslim yang mampu untuk memberikan zakat fitrah. Beras tersebut, jika diuangkan Rp.35 ribu, katagori sedang Rp.25 ribu dan katagori redah Rp.22 ribu.

“Zakat fitrah itu diusahakan untuk memberikan zakat berupa kebutuhan makanan pokok sesuai disuatu daerah, kalu kita dilebong itu beras. Jika tidak bisa, bisa ditukar dengan uang,” ujarnya, Rabu (30/5/2018).

Jika berhalangan memberikan zakat berupa beras, dapat diganti dengan uang sebesar harga 2,5 Kg rupiah beras per orang kepada yang kurang mampu.

Hamdani juga menghimbau kepada masyarakat untuk dapat segera menunaikan zakat fitrah mulai dari sekarang hingga terakhir sebelum tibanya khotbah Idul Fitri dimulai.

“Harapan kita masyarakat yang mampu menunaikan zakat fitrah untuk dapat segera menunaikan, karena isni wazib bagi kaum muslim laki-laki maupun perempuan,” demikian Hamdani.

Baca Juga
Tinggalkan komen