Logo
Dempo Xler

Keinginan Gubernur Bengkulu Direspon Kementerian Perhubungan

Kementerian Perhubungan RI foro bersama gubernur Bengkulu

Kementerian Perhubungan RI foro bersama gubernur Bengkulu

Kementerian Perhubungan RI foto bersama gubernur Bengkulu

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Menteri Perhubungan RI secara khusus mengutus langsung staff ahli Dirjen Perhubungan RI ke Provinsi Bengkulu, guna mendengar masukan dari Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti. Hal tersebut merupakan bentuk respon dari pemerintah pusat guna membantu percepatan pembanguan di Provinsi Bengkulu, khususnya di bidang perhubungan.

“Kami datang disini secara khusus diutus oleh Menteri Perhubungan RI, untuk menunjang pembangunan khususnya bidang perhubungan dan transportasi,” kata Staff Ahli bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi Dirjen Perhubungan Kementerian Perhubungan RI, Umar Aris, saat usai melakukan pertemuan di Kantor Gubernur Bengkulu, Jumat (24/2/2017).

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya dapat menyerap keinginan Gubernur Ridwan Mukti yang kongkrit dan tidak muluk-muluk dalam membangun sarana dan prasarana, baik transportasi darat, laut, udara juga perkeretaapian dan sumber daya manusianya.

“Kami lihat dalam peta kondisi yang dipaparkan oleh gubernur tadi, bagaimana gubernur berfikir untuk menurunkan tingkat kemiskinan, serta masih banyaknya potensi-potensi di wilayah Provinsi Bengkulu yang belum tergali,” sebut Umar.

Dengan begitu, menurutnya, hal itu sangat signifikan pada peran Kementerian Perhubungan. Dan pihaknya akan mengombinasikannya. Sebab sektor perhubungan tersebut merupakan tulang punggung, sektor pendukung dan pendorong perekonomian.

“Apa yang diutarakan oleh Gubernur tadi akan kami bawa ke Menteri Perhubungan untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Dilain sisi, Umar mengatakan, untuk membangun suatu sarana transportasi, baik darat, laut maupun udara, respon dari pemerintah setempat sangat mereka harapkan, karena hal tersebut diakuinya sering menjadi salah satu kendala pihaknya dalam membangun sarana transportasi di suatu wilayah.

“Terkadang dari pemerintah setempat ataupun masyarakatnya yang menghalang-halangi kita untuk membangun di sana, padahal pembangunan sarana tersebut bermanfaat bagi daerahnya sendiri,” imbuhnya.

Lain halnya yang ditemui di Provinsi Bengkulu ini, mereka sangat mengapresiasi akan dukungan dan keterbukaan dari Gubernur Bengkulu, terlebih jika pembangunan tersebut didukung langsung pihaknya.

“Nah, pada Gubernur Bengkulu tadi sangat terbuka, apalagi jika ada rekomendasi dari kita maka gubernur akan mendukung sepenuhnya, baru kali ini kami menemui Gubernur seperti ini,” ungkapnya.

Disamping itu juga, sambungnya, dirinya meminta agar masyarakat jangan melihat pembangunan fisiknya saja. Namun perlu melihat manfaat dari pembangunan tersebut.

Jika sudah ada sarana transportasi, katanya, maka perekonomian bisa tumbuh dan tentunya angka kemiskinan dan pengangguran dapat menurun.

“Mari kita sama-sama melihat multiflier effek dari pembangunan sarana tersebut, dan bukan lihat fisiknya saja, manfaat ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja akan lebih optimal,” pungkasnya.

Turut mendampingi dalam pertemuan tersebut, General Manager Pelindo, Kepala Bandara Fatmawati Soekarno, Kepala Dinas Perhungan Provinsi Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko dan beberapa staf lainnya.