Logo

Jumat, Bantuan Bencana Lombok dari Kota Bengkulu Disalurkan

KOTA BENGKULU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bengkulu, Marjon pastikan pada Jumat esok sumbangan dari ASN pemkot untuk bantuan sosial korban bencana alam di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan tutup tas untuk dikirim ke Lombok, NTB.

“Khusus ASN di Kota, kita telah melakukan sumbangan dari pribadi masing-masing dulu,” ujar Marjon pada Selasa (21/8/2018).

Dilanjutkan Marjon, bantuan didapat dari sumbangan ASN di lingkungan pemkot. Sebab, bantuan melalui anggaran APBD belum dapat dilakukan lantaran menunggu pembahasan APBDP. Langkah ini diambil sebagai respon atas instruksi Kemendagri yang meminta pemerintah daerah untuk menyisihkan anggaran bagi bencana Lombok.

“Perubahan APBD kita belum dibahas, tapi kota sangat merespon kondisi saudara kita di NTB, layaknya kita dulu waktu kita dapat bencana alam, direspon oleh kota lain, kami sudah bersepakat masing-masing ASN yang mampu dan yang mau untuk memberikan sumbangan, maka disalurkan dan diantarkan ke NTB,” bebernya.

Diakui Marjon, jumlah sumbangan yang dikumpulkan oleh masing-masing pribadi ASN saat ini sudah termasuk lumayan, namun angka pastinya belum bisa disebutkan, karena terakhir dibukanya sumbangan dari ASN ialah Jumat esok.

“Yang terkumpul sekarang lumayan, kepastiannya nanti Jumat, karena batas kita Jumat, Jumat kita tutup tas kita antar,” imbuh Marjon.

Untuk diketahui, Mendagri telah menandatangani dua surat, Pertama Nomor: 977/6131/SJ untuk gubernur seluruh Indonesia, dan Nomor: 977/6132/SJ untuk bupati/wali kota seluruh Indonesia. Surat tersebut ditandatangani oleh Tjahjo Kumolo pada Senin 20 Agustus 2018.

Isi surat tersebut sama, yakni meminta kepala daerah memberikan bantuan keuangan kepada Pemerintah Provinsi NTB dalam rangka penanganan masyarakat terdampak gempa.