Logo

Jembatan Gantung Kota Lekat Ilir Putus

bengkulunews.co.id – Jembatan gantung penghubung Desa Kota Lekat Ilir, Kecamatan Hulu Palik Bengkulu Utara (BU) menuju Kelurahan Lubuk Durian putus.

Hasil pantauan wartawan ini, jembatan gantung yang panjang sekitar 60 meter diduga putus akibat robohnya batang pohon  besar.

Menurut keterangan Kades Kota Lekat Muhaber, angin kencang Selasa (3/1) sekitar pukul 15.30 WIB. mengakibatkan tumbangnya pohon besar menimpa jembatan sepanjang 60 meter tersebut.

“Untuk saat ini kami meminta kepada pemerintah Daerah Bengkulu Utara, mengupayakan pembuatan jembatan darurat secepatnya karena banyak anak sekolah mulai dari SMP, SMA sederajat hingga masyarakat pada umumnya yang biasa melewati jembatan tersebut setiap harinya dan akses warga di sini mengambil kebutuhan makanan setiap hari pasti melewati jembatan tersebut,” kata Kades.

Kalau pemerintah cepat tanggap dan mengupayakan pembuatan jembatan sementara, tentu warga tidak jauh memutar arah, karena kalau jalan untuk keluar yang paling dekat hanya lewat jembatan tersebut.

“Memang ada jalan lain tapi jauh mas sekitar 15 kilometer lebih jarak yang kami tempuh, kasihan dengan anak sekolah yang setiap hari harus menempuh jarak tempuh yang sangat jauh itu,” bebernya.

Sementara itu, warga Kota Lekat Ilir, Ansori mengatakan, jembatan tersebut direhab sekitar tahun 2015 lalu, hanya ganti lantai dan pengecatan saja.

“Kalau kita lihat jembatan tersebut memang kokoh tapi dengan ditimpa pohon sebesar, jembatan tersebut tidak kuat menahan beban,” tutupnya.(jbeu)