Logo

Jelang Lebaran, Ini Imbauan Kapolres Bengkulu Utara

Bengkulu Utara – Jelang Idul Fitri Kapolres Bengkulu Utara AKBP Ariefaldi Warganegara, mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati bila meninggalkan rumah disaat mudik lebaran. Hal ini menyikapi maraknya tingkat kriminalitas pencurian dengan modus operandi membobol kaca jendela dan merusak kunci pintu rumah menjelang lebaran.

“Kita imbau kepada masyarakat, sebelum mudik lebaran sebaiknya memeriksa dulu kondisi rumah, baik jendela rumah maupun kondisi listrik rumah, seperti pemanas nasi, kulkas, dan hal penting lainnya.” kata Kapolres, Kamis (23/5/19).

Kapolres mengatakan pelaku kejahatan tidak memandang apa dan siapa disaat kesempatan itu ada. Terebih dalam suasana lebaran, banyak rumah yang ditinggal penguhuninya. Dikesempatan itu, kata Kapolres, pelaku kejahatan beraksi dengan cara membobol rumah dan mengambil barang-barang berharga yang ada.

Lanjut Kapolres, demi keamanan dan kenyamanan saat meninggalkan rumah sebaiknya masyarakat menitipkan rumah ke tetangga yang tidak mudik.

“Karena biasanya rumah kosong ini sering dimanfaatkan pelaku, tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi dan juga anggota kita selalu melakukan patroli,” ujar Kapolres.

Tak hanya itu, Kapolres juga mengimbau kepada pemudik yang menggunakan roda dua agar tidak membawa muatan melebihi kapasitas. Karena berbahaya saat dalam perjalanan.

“Patuhi rambu-rambu lalulintas, periksa kesiapan kendaraan seperti rem, lampu dan lain-lain,” demikian Kapolres.

Penulis : Amirul