Logo

Jalinbar Sumatera Terendam Banjir, Arus Lalin Tersendat

Jalinbar Sumatera Terendam Banjir, Arus Lalin Tersendat

BENGKULU – Jalan lintas Sumatera yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Sumatera Barat dan Jambi tepatnya di Rawa Makmur, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu lumpuh akibat terendam banjir pada Sabtu, (06/07/2024).

Banjir tersebut terjadi akibat hujan deras pada Jumat malam hingga Sabtu siang. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 30 centimeter hingga lutut orang dewasa.

Banjir juga memasuki rumah-rumah warga di kawasan tersebut. Untuk mengatasi banjir yang terus meningkat, warga langsung mengevakuasi barang-barang berharga agar tidak ikut terendam banjir.

Salah satu warga Rawa Makmur, Khairul menjelaskan, selain disebabkan oleh curah hujan yang tinggi, banjir juga disebabkan oleh tidak tersedianya saluran drainase di sepanjang jalan. Sehingga setiap kali di guyur hujan deras kawasan tersebut selalu terendam banjir

“Kita ini Siring gak ada di kiri-kanan ini. Jadi airnya gak ngalir,” jelas Khairul.

Selain itu, akibat banjir itu, arus lalu lintas kawasan Rawa Makmur tersendat, lantaran sejumlah pengendara banyak memperlambat laju kendaraan mereka. Bahkan beberapa kendaraan terpaksa harus memutar balik dan memilih jalan alternatif untuk menghindari genangan banjir.

Sementara itu, hingga Minggu dinihari, banjir yang merendam Jalinbar Sumatera terpantau masih terjadi dan diperkirakan akan debit air akan terus meningkat jika curah hujan dari atas puncak gunung masih terjadi.