Logo

Jabatan Plt di Bengkulu Pecahkan Rekor

Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon mengatakan, Provinsi Bengkulu memecahkan rekor Indonesia, pelaksana tugas (Plt) di organisasi perangkat daerah (OPD) paling lama di seluruh Indonesia.

”Lihat saja Sekretaris Daerah (Sekda) yang dijabat telah hampir lima tahun, belum lagi dengan pimpinan OPD lainnya yang hingga kini masih berstatus Plt,” samapi Edison, Selasa (11/7/2017).

Untuk Plt Sekda Provinsi Bengkulu, sampai Edison, memang belum mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Pasalnya, SPJ hasil kinerja tim seleksi sekda yang dibatalkan Gubernur Bengkulu non aktif, belum disampaikan oleh Pemprov Bengkulu.

”Mestinya Pemprov memberikan alasan yang jelas terkait pembatalan tersebut, karena itu memakai anggaran APBD yang tidak sedikit dan harus ada pertanggung jawabanya,” terang Edison.

Dirinya mempertanyakan, penyebab banyaknya pejabat OPD yang dijabat oleh Plt. Pasalnya, kewenangan yang dimiliki oleh plt sangatlah terbatas dan diperkirakan salah-satu penyebab minimnya serapan anggaran tidak maksimal oleh masing-masing OPD.

”Ini sudah triwulan kedua dan serapan anggaran masih sangat minim. Sebenarnya pejabat seperti apa yang diingikan oleh pemerintah,” jelas Edison.

Dirinya berharap, dibawah kepemimpinan Rohidin Mersyah selaku pelaksana tugas Gubernur Bengkulu dapat memaksimalkan kinerja OPD.

”Saya kira pak Rohidin harus segera menjaring pejabat definitif, untuk mengisi jabatan yang masih dijabat plt,” demikian Edison.